Sukses

Pertamina Ganti Premium dengan Petralite, Apa Komentar Toyota?

Pabrikan asal Jepang ini siap untuk menyediakan produk yang sesuai dengan kebijakan pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui PT Pertamina (Persero) akan memasarkan varian bahan bakar baru, Petralite, yang memiliki RON 90 dan dipercaya bakal menggantikan Premium yang diniagakan dengan RON 88 saat ini. Lantas apa komentar Toyota terkait rencana ini?

Ditemui di Universitas Indonesia, Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM) Suparno Djasmin mengatakan, Toyota belum tahu persis soal rencana tersebut. Meskipun begitu, pabrikan asal Jepang ini siap untuk menyediakan produk yang sesuai dengan kebijakan pemerintah.

"Kami selaku pengusaha selalu menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah," kata Djasmin di sela-sela kuliah Umum yang diselenggarakan oleh Yayasan Toyota dan Astra (YTA) dan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) di Fakultas Teknik UI pada Rabu (22/4/2015).

Djasmin menambahkan, pada dasarnya mereka akan tetap menyeimbangkan antara peraturan yang dibuat pemerintah dengan kebutuhan konsumen.

"Kita harus patuh pada aturan dan kepuasan konsumen. Kalau konsumen tidak puas, kita gak bisa juga," kata Djasmin.

Menurutnya, saat ini Toyota tidak terlalu memusingkan usulan kebijakan tersebut karena produk mereka sudah mampu untuk mengonsumsi jenis bahan bakar apapun.  "Pada dasanya mobil Toyota bisa mengadopsi bahan bahar yang ditetapkan pemerintah," tandasnya.

(rio/gst)

Baca juga:

Nekat Sediakan Pertalite, Pertamina Melanggar Hukum

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.