Sukses

Militer Ukraina Gunakan Humvee Bekas

Kendaraan ini akan digunakan oleh militer Ukraina untuk mengatasi perang yang kembali berkecamuk.

Liputan6.com, Kiev - Militer Amerika Serikat dilaporkan menyumbang sejumlah 230 unit Humvee untuk kendaraan operasional tentara Ukraina. Adapun kendaraan ini adalah bantuan militer non mematikan yang sebelumnya telah dijanjikan oleh AS.

Bantuan hibah ini merupakan bentuk kerja sama militer yang dijalin antara AS dan Ukraina. Sebagai permulaan, militer AS yang diwakili oleh Angkatan Udara mengirimkan sejumlah 10 unit Humvee lapis baja menggunakan pesawat kargo.

Melansir laman Carscoops, Senin (30/3/2015), upacara pengiriman ini dihadiri langsung oleh Presiden Ukraina, Petro Poroshenko. Secara simbolis, Poroshenko mengemudikan salah satu Humvee mengitari landasan bandara Borispol di Kiev.

Dijelaskan, Humvee yang akan digunakan militer Ukraina ini memiliki spesifikasi teknis lapis baja serta kaca anti peluru. Tak luput, pada atap Humvee terdapat dudukan untuk senapan mesin.

Tersiar kabar, kendaraan ini akan digunakan oleh militer Ukraina untuk mengatasi perang yang kembali berkecamuk di negara pecahan Uni Soviet tersebut.

Selain Humvee, militer AS juga menyerahkan berbagai bantuan perlengkapan militer lainnya kepada Ukraina yang meliputi drone pengintai, peralatan komunikasi, kacamata night vision, serta radar.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini