Sukses

Desain Grill Jeep Jiplak Ford?

Jeep melakukan inovasi desain dari kendaraan yang diciptakan Ford.

Liputan6.com, Michigan - Anda tentu familiar dengan merek Jeep, produsen SUV ikonik asal Amerika Serikat (AS) ini terkenal sebagai pabrikan kendaraan tangguh sejak era Perang Dunia II.

Namun ternyata, desain fasia yang menjadi ciri khas Jeep bukanlah hasil karya orisinilis. Dikabarnya, bentuk tersebut merupakan hasil jiplakan dari model Ford.

Dijelaskan, desain yang dimiliki oleh keluarga Wrangler bermula dari Willys yang menjadi kendaraan masa perang dan kala itu mengadopsi desain dari mobil Ford. Jalopnik, Senin (21/2/2015).

Nah, ketika Angkatan Darat AS mengadakan tender untuk menyediakan mobil untuk kebutuhan pengintaian, sebuah perusahaan bernama American Bantam yang menyodorkan prototype Blitz Buggy atau Pilot keluar sebagai pemenang tender.

Sayangnya, American Bantam kala itu belum memiliki sumber daya yang mumpuni Sehingg akhirnya dipilihal Ford dan Willys untuk memproduksi kendaaan General Purpose (GP atau yang sering diplesetkan sebagai Jeep.

>>>Klik laman berikutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Kemudian, untuk menekan biaya produksi, Ford pun merancang Pygmy dengan desain muka yang sederhana berupa potongan batang-batang besi pada grill untuk menutupi radiator dan headlamp.



Namun demikian, Willys melakukan inovasi desain dari Pygmy dengan menambahkan lembar baja untuk menutupi bilah-bilah besi pada grill. Hasilnya, desain ikonik milik Jeep pun lahir.

Setelah perang, Willys pun kemudian membangun versi sipil dari GP dan mematenkan desain kendaraan yang diproduksi pada masa perang tersebut. Pada versi sipil, Willys sedikit merubah desain muka dari awalnya menggunakan 9 lubang angin menjadi 7 lubang angin pada grill.

(Ysp/Gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini