Sukses

Lamborghini Lansir 'Banteng' Hibrida

Lamborghini Asterion mengusung mesin V10 berkapasitas 5,2 liter yang digunakan pada Huracan LP 610-4 dengan tiga motor listrik.

Liputan6.com, Paris - Secara mengejutkan, Lamborgini memamerkan supercar ramah lingkungan pertama mereka, Asterion, di ajang Paris Auto Show 2014. Hal ini sekaligus mematahkan pernyataan pabrikan Italia tersebut yang sebelumnya mengaku tak 'ambil pusing' di segmen kendaraan ramah lingkungan.

Nama Asterion sendiri diambil dari mitologi Yunani yang berarti penguasa bintang. Asterion sendiri bukan barang baru. Sebelumnya, Asterion sempat diperkenalkan pada ajang Paris Motor Show 2008 lalu, berupa konsep yang diberi nama Estoque, seperti dilansir dari Autoevolution, Kamis (2/10/2014).

Sementara itu, desain dari Asterion mengingatkan pada varian Espada yang diproduksi oleh Lamborghini pada era 1960-an silam. Kali ini, Lamborghini menciptakan Asterion dengan desain berpola mobil GT.

Di dalam kabin, konfigurasi kursi yang digunakan oleh Asterion diperuntukkan bagi dua penumpang. Padahal, dimensi interior supercar hibrida ini terbilang cukup lega untuk penumpang di baris kedua dengan konfigurasi kursi 2+2.

Pada bagian jantung penggerak, pabrikan berlogo banteng ngamuk ini menggabungkan mesin V10 berkapasitas 5,2 liter yang digunakan pada Huracan LP 610-4 dengan tiga motor listrik. Gabungan kedua sumber penggerak tersebut membuat Asterion mampu memuntahkan tenaga hingga 910 horse power (HP).

Sayangnya, pihak Volkswagen Group selaku perusahaan induk dari Lamborghini tidak berencana untuk memproduksi supercar hibrida pertama di dunia ini dalam waktu dekat. Lamborghini saat ini masih berfokus untuk jualan Huracan dan dalam beberapa waktu kedepan pabrikan tersebut akan mulai menjual SUV Urus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini