Sukses

Saingi Aparat, Massa Prabowo Boyong Mercy Unimog

Dalam demo keputusan MK pada Kamis (21/8), terlihat massa pendukung Prabowo-Hatta menggunakan empat unit truk Unimog keluaran Mercedes Benz.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi turun ke jalan yang dilakukan massa pendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa untuk menyambut keputusan Mahkamah Konstitusi menyisakan kisah menarik. Bagaimana tidak, iring-iringan pendemo yang berada di garis depan menggunakan atribut militer dan diangkut kendaraan sangar 'mewah' Mercedes Benz Unimog.

Pemandangan ini sangat kontras dengan aksi demo suara rakyat yang pada umumnya kerap dilakukan menggunakan mobil bak terbuka lusuh atau bus sewaan. Pasalnya, Mercedes Unimog sendiri tergolong 'mewah' dimana harga bekasnya ditaksir mencapai Rp 520 juta.

Truk berjenis Mercy Unimog 1.300 liter yang digunakan itu hadir dengan tampang bak kendaraan militer. Ada salah satu unit mobil yang memiliki corak bodi loreng-loreng.

Massa Prabowo Bawa Mobil Tempur ke Gedung MK?

Adapun, Mercy Unimog merupakan kendaraan berbodi besar, ground clearance tinggi yang memiliki kemampuan off-road. Dengan spek yang diusungnya, truk ini memiliki kemampuan dalam menjelajah segala medan.

Mercy Unimog 1.300 L yang turut ambil bagian dalam aksi massa pendukung peserta Pilpres nomor urut satu itu, memiliki dimensi panjang 5,43 m, lebar 2,30, dan tinggi 2,83 m. Secara keseluruhan, kendaraan bongsor itu berbobot 7,5 ton.

Menyoal ruang pacu, Mercy Unimog 1.300L ditopang mesin enam-silinder yang mampu memproduksi tenaga 130 horsepower pada 2.800 rpm dengan kombinasi transmisi delapan-percepatan.

Truk yang menelan solar itu memiliki kapasitas tangki 160 liter untuk menopang kebutuhan bahan bakar dengan jarak tempuh 350 km.



Untuk diketahui, massa pendung Prabowo-Hatta menggunakan empat unit truk. Namun setelah konsentrasi massa dibubarkan polisi, salah satu truk berloreng hijau mengalami rusak pada bagian depan.



Pantauan Liputan6.com, truk gen Jerman itu mengalami kerusakan pada kaca mobil. Serpihan kaca juga terlihat bertebara di ruang kabin. "Mobil para demonstran ini kita sita. Nanti tinggal cari siapa pengemudinya," ungkap Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Hendro Pandowo di lokasi. (Gst/Des)

---

Bagi Anda yang ingin mengikuti tes simulasi CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.