Sukses

Mantan Menteri Berebut Ketua Komisi

Mereka meyakini dapat mengemban tugas ketua komisi di DPR dengan modal pengalaman berpolitik selama ini. Ada pula yang kembali berkiprah di parlemen dengan alasan penunjukan dari partai.

Liputan6.com, Jakarta: Sejumlah politisi senior dan mantan menteri siap berkompetisi memperebutkan kursi pimpinan komisi-komisi di DPR. Sebagian dari mereka sudah berkiprah menjadi politisi sejak Orde Baru. Sebut saja bekas Menteri Pemuda dan Olahraga era Presiden Soeharto, Abdul Ghafur. Melalui Fraksi Partai Golkar, Ghafur menjadi salah satu kandidat pimpinan Komisi II DPR. Pemilihan ketua komisi-komisi di DPR ini baru akan dilaksanakan Senin lusa.

Ketika ditemui SCTV, Sabtu (16/10), Ghafur mengatakan, alasannya memilih Komisi II lantaran merasa terpanggil untuk memperbaiki berbagai kemunduran pelaksanaan otonomi daerah dan pemekaran wilayah. Itulah sebabnya, dengan modal jam terbang sebagai politisi senior sejak 1972 dan sebagai menteri, Ghafur yakin untuk kembali ke parlemen dan memimpin komisi. "Sekaligus memantau pemerintahan daerah dan pusat," ujar pria asal Maluku ini.

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional Hatta Radjasa yang masih menjabat Menteri Riset dan Teknologi juga siap kembali ke parlemen. Menurut Hatta, dirinya kembali ke parlemen berdasarkan keputusan partai. Tak hanya itu, ia mengaku telah disiapkan untuk memimpin Komisi VII yang membidangi masalah energi dan sumber daya mineral.

Selain kedua politisi di atas, masih terdapat nama-nama pemain lama dan mantan menteri yang akan meramaikan perebutan kursi pimpinan komisi, Senen mendatang. Di antaranya pengurus teras DPP Partai Golkar Bomer Pasaribu dan Mahadi Sinambela. Dari Partai Kebangkitan Bangsa ada Mahfud Md, Alwi Shihab, dan AS Hikam. Sementara dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ada Sonny Keraf [baca: Partai Besar Mengincar Jabatan Ketua Komisi].(ORS/Machmud dan Doni Indradi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.