Sukses

Polisi Hentikan Penyelidikan Kematian Singa KBS

"Kesimpulannya, kematian Michael bukan dibunuh, tapi terbunuh," ujar AKBP Farman.

Polrestabes Surabaya menghentikan penyelidikan kasus kematian singa "Michael" di Kebun Binatang Surabaya (KBS), Jawa Timur. Pada awal Januari lalu, Michael ditemukan mati tergantung di kandangnya dengan leher terlilit kawat baja.

"Penyidik sudah melakukan tugasnya dan mengumpulkan bukti serta memintai keterangan saksi ahli. Kesimpulannya, kematian Michael bukan dibunuh, tapi terbunuh," ujar Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Farman kepada wartawan di Surabaya, Jatim, Sabtu (15/2/2014).

Farman mengatakan, berdasarkan fakta-fakta dan bukti yang dikumpulkan menunjukkan Michael tidak dibunuh. Apalagi, kata dia, kawat baja di kandang bisa digapai singa tersebut.

Menurut Farman, Michael mempunyai kebiasaan berdiri karena kebiasaannya diberi makan di sekitar pintu. Tidak itu saja, saat itu Michael tidak dipertontonkan secara umum karena kondisinya yang agresif dan hiperaktif. "Dengan adanya hasil penyelidikan ini maka pemeriksaan sudah kami hentikan," tutur Farman.

Sebelumnya, singa koleksi KBS berusia 1,5 tahun itu ditemukan mati dengan leher tergantung tali seling atau kawat baja di kandangnya. Berbagai dugaan penyebab kematian singa jantan itu bermunculan. Bahkan, kasusnya sempat menjadi isu nasional hingga menarik perhatian pemerintah pusat.

Polisi menemukan kondisi tempat kejadian perkara sudah tidak murni karena satwanya sudah dipindah. Sehingga, penyidik sulit mengungkapnya. Dalam menangani kasus ini, polisi sempat minta bantuan tim ahli dari Universitas Airlangga untuk memeriksa organ dalam singa tersebut.

Guna pendalaman perkara, polisi telah memeriksa lebih dari 10 orang saksi di KBS. Dari hasil pemeriksaan disimpulkan, singa mati karena kekurangan oksigen akibat leher terjerat dan tidak ada tanda-tanda penganiayaan. (Ant/Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini