Sukses

[VIDEO] Waspada! Oplosan Gas Elpiji 12 Kg Kian Marak

Harga elpiji 12 kg yang melambung tinggi itu langsung dimanfaatkan oleh para pedagang nakal dengan melakukan pengopolosan gas elpiji.

Setelah Pertamina merevisi kenaikan harga gas Elpiji 12 kg, pengawasan ketat terus dilakukan terhadap kecurangan yang mungkin terjadi di lapangan. Hasilnya, sebuah gudang di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, digrebek polisi karena melakukan pengoplosan dan penyuntikan gas Elpiji.

Seperti dalam Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (8/1/2014), praktik curang itu dilakukan dengan cara gas Elpiji berukuran 3 kg yang bersubsidi disuntikan ke gas Elpiji nonsubsidi berukuran 12 kg yang harganya tengah mahal saat ini.

Harga elpiji 12 kg yang melambung tinggi itu segera dimanfaatkan oleh para pedagang nakal dengan melakukan pengopolosan. Namun, ulah ini langsung dicium polisi dengan menggerebek 2 lokasi pengopolosan Elpiji di Kabupaten Bogor.

Sebanyak tujuh orang yang diduga pelaku pengoplosan ditangkap polisi serta berbagai barang bukti seperti segel palsu dan alat suntik. Modus yang dilakukan adalah memindahkan gas bersubsidi dalam tabung 3 kg ke tabung ukuran 12 kg yang harganya tengah melambung.

Modus lain yang pernah ditemui Tim SIGI Investigasi Liputan 6 SCTV adalah dengan mengurangi volume gas dari tabung 12 kg dengan cara menyuntikkan ke tabung yang kosong.

Praktik curang seperti ini kerap terjadi. Ancaman hukuman yang ringan membuat kecurangan seperti ini selalu berulang, apalagi di tengah melambungnya harga elpiji 12 kg yang tak bersubsidi seperti saat ini. Pengawasan tentu menjadi kunci penting agar masyarakat sebagai konsumen tidak semakin dirugikan. (Adm/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini