Sukses

Jokowi: Tak Bisa Semua Masalah Jakarta Tergantung Jokowi

Menurut Jokowi pembangunan sebuah kota tidak boleh hanya bergantung pada seorang gubernur semata.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menghadiri rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi IV DPR membahas reklamasi pantai utara Jakarta. Seperti RDP biasanya, kritik ataupun pernyataan yang menjatuhkan pun terlontar.

Salah satu pernyataan yang meragukan proyek reklamasi pantai Jokowi akan selesai sesuai dengan tenggat waktu, muncul dari mulut anggota Komisi IV dari Fraksi PKB Jazilul Fawaid.

Jazilul tak yakin reklamasi pantai yang pembangunannya satu paket dengan pembangunan Giant Sea Wall itu akan selesai. Terlebih bila Jokowi maju sebagai capres 2014.

"Pak Gubernur, program reklamasi ini kan sudah anda lakukan saat-saat Anda menjadi Gubernur. Kalau Pak Jokowi nyalon presiden, pertanyaan saya, apakah mampu dilanjutkan oleh penerusnya? Atau ini dilanjutkan? jangan-jangan lupa," tanya Jazilul.

Keraguan itu pun dijawab Jokowi. Menurutnya pembangunan sebuah kota tidak boleh hanya bergantung pada seorang gubernur semata. Walau gubernurnya telah berganti, sistem pemerintahan dan program pemerintahan yang telah ditetapkan harus tetap dilaksanakan.

"Jangan sampai pembangunan sebuah kota hanya bergantung pada gubernur seorang. Sistem harus berjalan," tegas Jokowi.

Walau saat ini dianggap sebagai sosok yang dapat membawa perubahan Jakarta menjadi lebih baik, Jokowi tetap mengakui dirinya tidak bisa menyelesaikan berbagai permasalahan di Jakarta tanpa dukungan banyak pihak. Terlebih, permasalah di Jakarta menurutnya begitu kompleks dan beragam.

"Semuanya harus saling mendukung. Tidak bisa semuanya hanya tergantung kepada Jokowi, ndak bisa," pungkas Jokowi. (Mut/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini