Sukses

Siswa Dilarang Bawa HP ke Sekolah, Jokowi: Biar Tak Konsumtif

Jokowi mendukung kebijakan Dinas Pendidikan yang melarang para siswa membawa ponsel ke lingkungan sekolah.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mendukung kebijakan Dinas Pendidikan yang melarang para siswa membawa ponsel ke lingkungan sekolah. Cara tersebut dianggap dapat menanamkan nilai kepada siswa agar tidak berperilaku konsumtif.

"Saya kira itu baik, dalam artian kita tidak mendidik anak untuk bersikap konsumtif. Komunikasi memang penting, tapi untuk anak SD dan SMP saya kira belum waktunya dapat HP," ujar Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Senin (4/11/2013).

Menurut mantan Walikota Surakarta itu, saat menuntut ilmu sejak SD hingga masuk perguruan tinggi, dirinya tidak pernah memakai ponsel. Diakuinya ketika itu peredaran ponsel memang belum semarak seperti saat ini.

"Saya dari kecil sampai kuliah tidak pakai handphone, hehehe..." ungkap Jokowi.

Suami dari Iriana ini menambahkan, bila orangtua ingin berkomunikasi dengan anaknya saat di lingkungan sekolah, mereka dapat meminta bantuan pihak sekolah. Seperti menghubungi nomor telepon sekolah.

"Kalau ada orang tua yang mau ngomong sama anaknya, mendingan lewat guru aja," ujarnya.

Kebijakan larangan membawa ponsel ke sekolah dikeluarkan untuk mencegah penyalahgunaan alat komunikasi tersebut oleh siswa, seperti kasus video asusila di sebuah sekolah di Jakarta. Hal itu sudah diinstruksikan kepada tiap kepala sekolah di DKI agar menyosialisasikanya kepada orang tua siswa. (Ali/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini