Sukses

Tanggapi Foke, Jokowi: Duit Jakarta Banyak, Tak Seperti Detroit

Jokowi mengaku telah melakukan beberapa terobosan seperti membuat sistem online dalam perpajakan daerah.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo memberikan sejumlah peringatan kepada penerusnya, Joko Widodo atau Jokowi. Dalam bidang ekonomi, Foke memperingatkan Jokowi agar menata Jakarta dalam aspek birokrasi dan pelayanan masyarakat.

Foke pun mengambil contoh kota Detroit, di negara bagian Michigan, Amerika Serikat. Kota itu bangkrut karena tidak dapat menyeimbangkan antara kemampuan untuk melayani dan di satu sisi kemampuan anggaran.

Menanggapi peringatan Foke, sapaan Fauzi Bowo, Jokowi mengaku akan mendengar aspirasi dari Foke. Namun dengan tegas ia mengatakan, Jakarta berbeda dengan Detroit yang nyaris bangkut. Jakarta yang mempunyai tingkat pertumbuhan ekonomi yang baik.

"Saya kira semua masukan baik akan dipakai, tapi kita ini (Jakarta) bukan Detroit, income kita besar, pertumbuhan ekonomi kita juga baik. Kalau dinasionalkan lebih baik," ujar Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Senin (26/8/2013).

Apalagi menurutnya, selama masa pemerintahannya, Jokowi mengaku telah melakukan beberapa terobosan seperti membuat sistem online dalam perpajakan daerah dan mempermudah perijinan usaha.

"Apalagi pelayanan perizinan kita perbaiki dan dipersepikan positif bagi dunia usaha. Saya kira akan menjadi lebih baik," kata dia.

Jokowi juga mengaku, akan terbuka menerima masukan darimana pun, termasuk dari dua pendahulunya, Fauzi Bowo dan Sutiyoso. Keduanya dianggap sebagai 'senior' yang telah lebih dulu memimpin Jakarta.

"Banyak, Pak Sutiyoso juga ke sini, memberikan masukan saya kira bagus, semua masukan dari senior saya kira bagus. Baik dari Pak Foke Pak Sutiyoso, baik dari yang lain pasti sangat baik," ujar Jokowi.

Apakah sebelumnya Jokowi sudah pernah berdiskusi dengan Foke, terkait dengan pembangunan Jakarta, Jokowi mengaku belum. Ia pun juga mengatakan tidak diundang dalam acara halal bi Halal tersebut.

"Kalau dengan Bang Yos sudah, tapi Pak Foke belum. Kalau yang kemarin (Halal bi halal) ndak diundang. Kalau diundang saya datang," ujar Jokowi. (Ary/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Foke