Sukses

MUI Tolak Kontes Miss World di Indonesia

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan tetap menolak kontes kecantikan Miss World yang diadakan di Indonesia.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan tetap menolak kontes kecantikan Miss World yang diadakan di Indonesia. Meski pihak penyelenggara menyatakan akan menghilangkan sesi bikini.

"Memang ada pemberitahuan jika tidak ada sesi bikini, namun yang ditonjolkan adalah batik. Namun saya tidak yakin bagian tubuh perempuan yang boleh ditonjolkan seperti dalam Islam yakni tangan dan wajah," ujar Ketua Bidang Komunikasi dan Informasi MUI, Sinansari Encip di Jakarta, Jumat (23/8/2013).

Dia menjelaskan, kontes kecantikan Miss World selalu mengedepankan kecantikan wajah dan tubuh. Selain itu juga menggunakan pakaian yang ketat.

Sementara Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri MUI, KH Muhyiddin Junaidi, menjelaskan sepanjang sejarah kontes kecantikan itu selalu mempertontonkan kemolekan tubuh. "Kalau mau menguji IQ silakan bikin kontes IQ. Jangan mengelabui kelompok tertentu bahwa bukan hanya cantik fisik tetapi juga inner beauty," tukas Muhyiddin.

MUI menyatakan dengan tegas menolak diselenggarakannya kontes kecantikan itu di Tanah Air pada Jumat. Beberapa butir alasan penolakan itu adalah kontes tersebut tak sesuai dengan Alquran dan Hadis mulai dari pakaian dan sebagainya.
    
Selain itu, MUI juga menilai kontes kecantikan tersebut tidak sesuai dengan budaya bangsa, menonjolkan kemewahan, dan sebagainya.
    
Perhelatan Miss World rencananya diselenggarakan di Jakarta dan Bali pada 4-6 September 2013 mendatang. Pihak penyelenggara, yakni MNC memastikan tak ada sesi bikini pada pemilihan kontes ratu sejagad kali ini. (Ant/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MUI adalah lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendikiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di

    MUI

  • Miss World