Sukses

[VIDEO] Unik, Warga 1 Pulau Keluar Bersama Belanja Lebaran

Kegiatan ini hanya dilakukan sekali dalam setahun, yaitu setiap tanggal 27 Ramadan.

Pergi berbelanja kebutuhan hari raya sudah biasa. Namun jika warga satu pulau pergi bersama dan hanya dilakukan satu tahun sekali, tentu menjadi keunikan tersendiri. Itulah yang dilakukan warga di Pulau Gili Ketapang, Probolinggo, Jawa Timur, dalam tradisi Petok Lekoran.

Liputan 6 SCTV, Selasa (6/8/2013) memberitakan, masyarakat Pulau Gili Ketapang melakukan tradisi unik ini untuk menyambut Hari Raya Idul fitri. Hanya pada satu hari dalam satu tahun, yaitu tanggal 27 Ramadan.

Mereka berbondong-bondong menyeberang pulau menuju daratan sejauh 2 mil laut untuk berbelanja khusus kebutuhan hari raya. Tiba dengan taksi perahu di dermaga lama Pelabuhan Tanjung Tembaga, Probolinggo, mereka kemudian menumpang angkutan umum seperti becak dan ojek motor menuju pusat perbelanjaan di kota.

Di Hari Petok Lekoran, seluruh taksi perahu yang berjumlah sekitar 50 unit beroperasi mengangkut warga Gili Ketapang yang berpenduduk lebih dari 8.000 jiwa. Secara bergelombang, warga datang bersama seluruh keluarga.

Mereka menyebar ke sejumlah pertokoan, berburu kebutuhan Lebaran mulai dari baju, sepatu, hingga makanan. Setelah puas berbelanja, mereka pun kembali ke dermaga dan kembali memanfaatkan taksi perahu untuk menyeberang ke rumah mereka di Pulau Gili Ketapang. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.