Sukses

[VIDEO] Longsor, 18 Penambang Emas Gunung Botak Tewas

Tanah longsor di lokasi tambang emas Gunung Botak, Maluku, merenggut nyawa 18 penambang emas ilegal.

Kepanikan terjadi usai bencana tanah longsor di lokasi tambang emas Gunung Botak, Desa Wamsait, Kabupaten Buru, Maluku. Warga bahu-membahu mengevakuasi para korban. Musibah tanah longsor telah merenggut nyawa 18 penambang emas ilegal. Mereka tewas tertimbun saat berada dalam lobang galian yang dalamnya mencapai 50 meter.

Hingga kini, baru 6 jenazah yang berhasil dievakuasi. 12 Korban lainnya belum ditemukan. Seperti ditayangkan Liputan 6 SCTV, Kamis (18/7/2013), meski telah merenggut korban jiwa, lokasi tambang emas ini masih tetap ramai didatangi para penambang. Alasan kebutuhan hidup, membuat mereka tak terlalu mempedulikan risiko bahaya.

Sejumlah lokasi di Pulau Buru, banyak ditemukan memiliki kandungan emas. Selain di Gunung Botak, tambang emas juga ada di kawasan Gogrea, kawasan metal serta batu karang. Seluruh lokasi yang terbuka, menimbulkan banyaknya penambang emas ilegal.

Hingga kini, sejumlah kawasan yang memiliki kandungan emas di Pulau Buru belum dapat dieksploitasi secara resmi karena belum adanya izin penambangan dari pemerintah pusat. (Frd/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.