Sukses

Sepuluh Batalyon TNI AD Latihan Raider

TNI Angkatan Darat tengah menyiapkan sepuluh batalyon untuk menggantikan 30 batalyon yang saat ini tengah bertugas di Aceh. Mereka dilatih Raider di Kabupaten Toba, Samosir, Sumatra Utara.

Liputan6.com, Samosir: Sebanyak sepuluh batalyon TNI AD atau sekitar 8.000 personel, termasuk Yon 100 Kodam Bukit Barisan, tengah dilatih Raider di Aek Na Tolu, Kabupaten Toba, Samosir, Sumatra Utara. Pasukan penyerang ini disiapkan untuk menggantikan 30 batalyon yang sekarang tengah bertugas dalam Operasi Darurat Militer di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Dari pemantauan SCTV, baru-baru ini, personel TNI AD tersebut dilatih secara intensif sejak Mei silam hingga Oktober mendatang. Mereka dibekali latihan bertahan dan bertempur, terutama untuk menghadapi perlawanan gerilya para pemberontak, baik di Aceh maupun Papua. Menurut Kepala Staf TNI AD Jenderal Ryamizard Ryacudu saat meninjau kesiapan personel Yon 100 Raider, biaya satu personel untuk latihan dengan kualifikasi setingkat komando sebesar Rp 3 juta. Selain sepuluh batalyon, sebanyak 31 perwira tinggi juga tengah mengikuti latihan Raider.

Prajurit Yon 112 Kodam Iskandar Muda juga berkesempatan mengikuti latihan Raiders di Pusat Pelatihan Komando Pasukan Khusus TNI AD Batujajar, Bandung, Jawa Barat. Para prajurit mengikuti latihan dengan semangat tinggi. Mereka dilatih mobilitas melalui udara dan mempertajam kemampuan sebagai pasukan pemukul [baca: Batalyon Organik Aceh Berlatih di Batujajar].(SID//Imelda Sari)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.