VIDEO: Manjakan Lidah dengan Sop Kambing dan Bakmi Magelangan

Oleh Liputan6 pada 06 Apr 2013, 13:16 WIB
Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak hanya dikenal sebagai kota pelajar ataupun kota wisata budaya yang khas, tapi juga bisa memberi kepuasan bagi para penggemar kuliner. Banyak pilihan makanan yang dapat ditemui, tidak hanya gudeng.

Makanan khas yang menggugah untuk disantap adalah Sop Kambing Mang Udin di Jl Cik Ditiro, Yogyakarta tepatnya di depan RS Panti Rapih. Ciri khas sop ini adalah paduan kaldu kaya bumbu ditambah daging kepala kambing yang sudah direbus matang.

"Ini khusus bagian kepala dan kaki saja. Tidak pakai bagian yang lain," kata Mang Udin sambil menghidangkan makanan di Yogyakarta, Sabtu (6/4/2013).

Saat pertama lidah menyentuh kuah, Sop Kambing Mang Udin langsung menunjukkan betapa kayanya rasa rempah-rempah. Meski begitu, ada bagian yang sedikit hambar untuk memberikan kita kesempatan berkreasi selera. Anda bisa menambah sambal, cuka, ataupun garam untuk mencocokkannya dengan kuah kaldu kambing yang kaya rempah. Dijamin enak di lidah.

Bila petang menjelang, makanan yang paling pas dinikmati adalah Bakmi Magelangan Pak Lele. Hidangan ini sangat sederhana karena hanya memadukan mi dan nasi, lalu digoreng bersamaan dengan bumbu-bumbu khusus. Tapi kenapa disebuat bakmi Magelangan?

"Dulu-dulunya kan orang suka makan nasi sama bakmi. Kalau dua-duanya dipesan kan enggak bakal habis, makanya setengah-setengah. Mi setengah dan nasi setengah. Karena separuh-separuh dijadikan satu ini dijual di Magelang, orang terus bilang bakmi Magelangan," tutur Pak Lele.

Soal rasa? Waw! Jangan kaget. Ada sensasi asam cuka, bumbu yang pas, serta irisan ayam yang menambah kelezatan.

Setelah kenyang, tidak ada salahnya Anda menyisihkan uang sekitar Rp 20 hingga 25 ribu lalu pergi ke Alun-Alun Kidul, Yogyakarta. Di sana ada odong-odong jumbo yang siap membawa anda keliling alun-alun.

Tapi itu belum selesai, Anda perlu masuk ke salah satu tenda yang ada di sekeliling alun-alun untuk memesan ronde. Biarkan lidah Anda menikmati ronde hangat yang akan membuat badan Anda segar kembali. (Sah)