Sukses

Anjlok di Purwokerto, KA Fajar Utama Dievakuasi

Seluruh penumpang KA Fajar Utama melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta menggunakan gerbong yang tidak anjok dan ditarik menggunakan lokomotif yang didatangkan dari Purwokerto.

Puluhan petugas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto dilibatkan dalam proses evakuasi KA Fajar Utama jurusan Pasar Senen-Yogyakarta yang anjlok di KM 334+7, antara Stasiun Patuguran dan Stasiun Karangsari.

"Kami berupaya evakuasi KA Fajar Utama ini secepatnya," kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Zakaria kepada wartawan, di lokasi kejadian, Desa Tumiyang, Kecamatan Pekuncen, Banyumas, Selasa (2/4/2013).

Sementara itu, kondektur KA Fajar Utama Edi Priatna mengatakan, Menurut dia, KA Fajar Utama membawa 149 penumpang dewasa, delapan anak-anak, dan empat anggota TNI. "Kami tidak tahu penyebab anjloknya kereta ini. Namun sebelum anjlok, kereta sempat berjalan tersendat-sendat hingga berhenti," katanya.

Saat berhenti, posisi lokomotif sudah melewati jembatan Kali Lorodan, sedangkan gerbong pertama hingga keempat masih berada di atas jembatan.

Hingga pukul 14.30 WIB, upaya evakuasi terhadap gerbong yang anjlok masih dilakukan. Seluruh penumpang KA Fajar Utama melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta menggunakan gerbong yang tidak anjok dan ditarik menggunakan lokomotif yang didatangkan dari Purwokerto.

KA Fajar Utama anjlok satu as roda di gerbong paling depan pada pukul 11.50 WIB. (Ant/Yus)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini