Sukses

Artis Denada Jadi Caleg Nasdem Untuk Dapil Jatim

Partai Nasdem memasang artis Denada sebagai salah seorang calon legislatif DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur III.

Partai Nasdem memasang artis Denada sebagai salah seorang calon legislatif DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur III. Dapil itu meliputi Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi.

"Artis yang masuk ke Nasdem dan maju sebagai caleg DPR RI adalah Denada dan dia ditempatkan di Dapil Jatim III," ujar Ketua Dewan Pembina Partai Nasdem Jatim Hasan Aminuddin di Surabaya, Jumat (13/3/2013).

Ia mengatakan, pihaknya membuka kesempatan bagi siapapun yang ingin menjadi calon legislatif dan bergabung serta bersama-sama membesarkan Partai Nasdem. Mantan Bupati Probolinggo tersebut menjelaskan, setiap caleg yang mendaftar di Partai Nasdem tidak dikenakan biaya apapun.

"Kami tidak mengenakan biaya apapun. Kami menduga kondisi ini yang membuat animo warga sangat tinggi, dan selanjutnya kami kelebihan pendaftar caleg hingga 20 persen," katanya.

Untuk menentukan daftar caleg, lanjut Hasan, pihaknya harus benar-benar menyeleksinya secara ketat supaya tidak salah menetapkan caleg.

Ketua DPP Partai Nasdem Bidang Agama dan Masyarakat Adat tersebut juga mengemukakan, persyaratan mininal yang dibutuhkan untuk seorang caleg tingkat DPR RI adalah memiliki 2.500 suara, tingkat DPRD provinsi 1.500 suara dan caleg DPRD kabupaten/kota 1.000 suara. "Semuanya harus dibuktikan dengan fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) sesuai dapilnya masing-masing," papar Hasan.

Sementara itu, selain nama Denada, ada mantan Rektor Universitas Merdeka Malang yang sempat menjabat pengurus di Partai Demokrat Kota Malang, Dr Kridawati yang maju sebagai caleg DPR RI dapil Malang Raya. Selain itu, menantu Ketua PWNU Jatim KH Mutawakkil, yakni Abid Umar Faruq yang juga cucu pengasuh Pondok Pesantren Ploso Kediri, sebagai caleg DPR RI dari dapil Kediri.

Sementara Ketua DPW Partai Nasdem Jatim Tedjo Edhy Purdijatno menjadi caleg DPR RI maju lewat dapil Jatim I Surabaya-Sidoarjo. Hasan Aminuddin sendiri caleg DPR RI di dapil Pasuruan-Probolinggo bersama Mantan Wali Kota Pasuruan Aminurrahman di dapil yang sama. (Ant/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini