Sukses

Effendi Simbolon Klaim Menangi Pilkada Sumut

Pasangan yang diusung PDIP, PPRN, dan PDS itu yakin berdasarkan perhitungan mereka, pasangan ESJA meraih suara 32 persen.

Tim pemenangan pasangan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Sumut Effendi MS Simbolon-Djumiran Abdi atau "ESJA" menyatakan siap menggugat kalau pasangan Gatot Pujo Nugroho-Tengku Erry Nuradi dinyatakan menang.
   
"Gugatan dilakukan karena hasil perhitungan manual tim, ESJA yang unggul, bukan pasangan Gatot seperti hasil perhitungan cepat,"Kata Kepala Biro Bantuan Hukum (BBH) DPP PDI Perjuangan (PDIP) Arteria Dahlan, di Medan, Sabtu (9/3/2013).
   
Pasangan yang diusung PDIP, PPRN, dan PDS itu yakin berdasarkan perhitungan mereka, pasangan ESJA meraih suara 32 persen. Sedangkan pasangan Gatot 29,7 persen. Perhitungan ini dilakukan di 33 kabupaten/kota di Sumut.
   
Suara terbanyak itu terdapat di Kabupaten Dairi, Kota Gunung Sitoli, Humbang Hasundutan, Karo, Nias Selatan, dan Nias. Setelah itu Kabupaten Nias Barat, Nias Utara, Pakpak Bharat, Pematang Siantar, Samosir,Serdang Bedagai, Simalungun, Sibolga,  Tanjung Balai, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, dan  Toba Samosir.
   
"Bayangkan dengan jumlah partisipasi pemilih sebesar 50 persen saja pasangan ESJA meraih angka sebesar ini," katanya. "Bagaimana lagi jika pemilih ESJA seluruhya diberikan hak pilihnya."
   
Mengenai surat suara yang tidak sah, tim pemenangan pasangan ESJA menginginkan perlunya dilakukan penghitungan ulang. "Tim ESJA siap menggugat ke Mahkamah Kontitusi lengkap data akurat kecurangan," katanya. (Ant/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.