Sukses

VIDEO: Lomba Balap Kelinci di Probolinggo

Para peternak kelinci di Probolinggo, Jawa Timur mempunyai cara sendiri untuk meningkatkan nilai jual kelincinya.

Para peternak kelinci di Probolinggo, Jawa Timur mempunyai cara sendiri untuk meningkatkan nilai jual kelincinya. Secara berkala, mereka menggelar balap kelinci di berbagai tempat. Hasilnya, pendapatan mereka meningkat dan warga pun terhibur.

Setiap sebulan sekali, para peternak kelinci di Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo menggelar balap kelinci. Bulan ini, giliran Desa Kerto Suko yang menjadi tuan rumah.

Menghadirkan sekitar 100 lebih peternak dari desa setempat, maupun luar kota seperti Madura dan Lumajang. Kelinci-kelinci yang diikutsertakan bukan jenis peranakan, melainkan kelinci lokal yang biasa diperjualbelikan di pasaran dan dipelihara dengan cara tradisional.

Agar kencang larinya, sepekan sebelum mengikuti lomba kelinci, peserta lomba umumnya diberi makanan secara khusus, terutama sayuran. Meski demikian, tidak mudah membuat kelinci mau mengarungi lintasan lomba sejauh 50 meter.

Tak hanya sebagai hiburan bagi warga, ajang lomba ini berdampak pada naiknya pendapatan peternak kelinci. Bbanyak penonton berminat membeli kelinci setelah menyaksikan lomba ini. Harganya pun bisa meningkat berlipat-lipat.

Namun meski berhasil menghibur penonton, seyogyanya kondisi kelinci pun diperhatikan. Menjepit ekor kelinci untuk alasan agar dapat berlari kencang bagaimanapun tidak seharusnya dilakukan. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini