Sukses

Banjir di Pluit, Jokowi: Ini Masih Dicarikan Jurus

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengaku masih mencari beberapa cara mengatasi banjir di daerah Pluit.

Banjir yang melanda sejumlah titik Jakarta hingga kini mulai surut. Namun di daerah Pluit dan Kawasan Jakarta Utara, banjir masih merajalela. Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengaku masih mencari beberapa cara mengatasi banjir di daerah Pluit.

"Ini masih dicarikan jurus. Kan masalah di Pluit itu air tidak bisa turun karena pompanya terendam," kata pria yang akrab disapa Jokowi ini usai acara silaturahmi dengan DPRD DKI Jakarta di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (22/1/2013).

Jurus itu, lanjut Jokowi, yaitu dengan segera memperbaiki pompa di Pluit yang terendam banjir.

"Kan di Pluit jumlah pompanya ada 7. Empat pompa tidak bisa digunakan karena terendam. Kita akan tunggu sampai airnya surut, mudah-mudahan saja tidak hujan lagi," jelas dia.

Menurut Jokowi, kendati pompa yang terendam itu diganti dengan yang baru, itu akan sulit dilakukan. "Karena medan di sana itu masih tergenang banjir," ungkap Jokowi.

Sebelumnya, mantan Walikota Solo ini telah memantau banjir di daerah Pluit pada Senin 21 Januari kemarin. Jokowi berjanji akan memberikan penanganan jangka panjang dengan meninggikan mesin dan dinamo.

"Ya ini akan dinaikkan. Semua yang namanya dinamo, yang namanya mesin, musti agak tinggi. Jadi keadaan-keadaan seperti ini, yang ekstrem bisa terantisipasi," pungkas dia.(Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.