Sukses

Petak IX Glodok Gelar China Town Art Festival

Jelang China Town Art Festival 2012, suasana Petak IX Glodok, Jakarta, mulai meriah. Puluhan toapekong atau arca dewa dibawa ke Wihara Bio Fat Cu Kung.

Liputan6.com, Jakarta: Persiapan China Town Art Festival 2012 di Petak IX Glodok, Jakarta, Sabtu (20/10), mulai memperlihatkan kemeriahan. Puluhan toapekong atau arca dewa dari beberapa daerah di Pulau Jawa, Sumatra, dan Bali dibawa ke Wihara Bio Fat Cu Kung di Glodok, Jakarta Barat.
 
Boen Kiat selaku ketua panitia menjelaskan festival ini merupakan acara perayaan ulang tahun Dewa Kongco Fat Cu Kung yang merupakan dewa rezeki umat Kong Hu Cu. Sedangkan puncak acaranya akan berlangsung Ahad besok. "Jadi acara kirab ini sebagai bentuk terima kasih kepada para dewa," kata Boen saat ditemui di Glodok, Jakbar.
 
Boen berharap festival ini dapat dijadikan acara kebudayaan tahunan di Jakarta. "Selain masyarakat, pemerintah diharapkan ikut membantu memeriahkan untuk menjadikan acara ini pariwisata budaya kawasan Glodok," tuturnya.
 
Perlu diketahui, dalam China Town Art Festival 2012 ini tak hanya menampilkan kesenian dan budaya Cina saja, melainkan budaya-budaya lokal seperti Gambang Kromong, Reog Ponorogo, dan tarian Bali juga dilibatkan.
 
Sedangkan untuk puncak acara besok akan menghadirkan Kirab Budaya dan Kirab Gotong Toapekong sebanyak 90 jolie atau replika wihara yang di dalamnya terdapat arca para dewa dari beberapa wihara di Tanah Air yang dihadiri kurang lebih 10.000 orang dan rute sepanjang 10 kilometer.(ADI/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.