Sukses

Lingga dan Yoni Terpendam di Nganjuk

Seorang pembuat batu bata merah tanpa sengaja menemukan lingga dan yoni serta keris dan batu berukuran besar di Desa Jekek, Baron, Nganjuk.

Liputan6.com, Nganjuk: Seperti biasa, Yunung menggali tanah di belakang rumah. Tanah itu bakal dipakai untuk mencetak batu bata merah. Tiba-tiba, cangkulnya menyentuh benda keras. Setelah digali lebih dalam, warga Dusun Sumur Padang, Desa Jekek, Kecamatan Baron, Nganjuk, Jawa Timur, ini menemukan yoni dan lingga. Di sekitar kedua benda bersejarah itu, dia juga mendapatkan sebilah keris dan batu-batu berukuran besar.

Menurut catatan sejarah, dua benda itu adalah peninggalan kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk. Lingga melambangkan pria dan yoni menggambarkan perempuan. Untuk sementara, lokasi penemuan cuma dipagari seadanya. Itu dilakukan sembari menunggu kedatangan ahli purbakala dari Mojokerto.(TNA/Dadang Sumirat)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini