Sukses

Harimau Sumatera di TN Berbak Tinggal 30 Ekor

Balai Konsevasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jambi memperkirakan jumlah harimau Sumatera di Taman Nasional Berbak (TNB) tinggal 30 ekor.

Liputan6.com, Jambi: Balai Konsevasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jambi memperkirakan jumlah harimau Sumatera di Taman Nasional Berbak (TNB) tinggal 30 ekor. Data tersebut disampaikan petugas BKSDA Jambi, Kamis (19/7) di Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim).

"Yang terdeteksi oleh kamera baru 13 ekor. Namun kami memperkirakan populasi harimau Sumatera di kawasan TNB tinggal 30 ekor saja,"

Pihak BKSDA Jambi menyatakan berdasarkan catatan dari beberapa penelitian populasi harimau Sumatera hanya tersisa antara 400-500 ekor. Maraknya perburuan ilegal masih menjadi penyebab utama semakin berkurangnya jumlah satwa yang dilindungi tersebut.

Berdasarkan hasil penelitian antara 2008-2011, di Provinsi Jambi telah terjadi 28 kasus kematian harimau Sumatera. Enam di antaranya terjadi di Kabupaten Tanjabtim.

Kawasan TNB membentang seluas 162.000 hektare di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Tanjung Jabung Barat. Kawasan ini merupakan kawasan konservasi hutan rawa terluas di Asia Tenggara. TNB mempunyai ekosistem yang masih asli, serta keunikan ekosistem lahan basahnya yang merupakan satu kesatuan ekosistem hutan rawa gambut dengan luas dua pertiga bagian dan hutan rawa air tawar yang sepertiga bagian, serta adanya kawasan pantai yang merupakan kawasan persinggahan burung-burung migran ditiap tahunnya. (ANT/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini