Sukses

DPR akan Panggil Kemendikbud Terkait Klaim Malaysia

DPR Komisi X akan mengagendakan pemanggilan kementerian pendidikan dan kebudyaan berkaitan dengan klaim kepemilikan Malaysia atas tarian Tor Tor.

Liputan6.com, Jakarta: DPR Komisi X akan mengagendakan pemanggilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) guna membahas masalah yang kini sedang hangat dibahas tentang klaim Malaysia soal Tari Tor Tor. Pernyataan tersebut disampaikan anggota DPR Komisi X, Dedi Gumilar yang lebih akrab dipanggil Miing, Rabu (20/6).

Wakil Menteri Kemendikbud, Windu Nuryati mengatakan bahwa pihaknya telah mengirim surat resmi kepada Malaysia agar merevisi klaimnya atas kepemilikan tari Tor Tor dan Gordang Sambilan. Windu juga mengaku pihaknya tengah mempersiapkan untuk mendaftarkan tari Tor Tor sebagai warisan budaya milik Indonesia ke UNESCO.

Sementara itu di Jakarta, Rabu (20/6) puluhan mahasiswa Batak melakukan unjuk rasa di depan Kedubes Malaysia. Mereka memprotes klaim Malaysia terhadap kepemilikan tari Tor Tor. Para mahasiswa Batak pun menggelar tari kebanggaan tersebut di jalanan dan sempat melakukan pelemparan ke kantor kedutaan Malaysia dengan telur sebagai bentuk kekesalan. Dalam orasinya, para mahasiswa juga menuntut pemerintah Indonesia bertindak tegas terhadap klaim Malaysia tersebut. (ALI/ Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.