Sukses

Dua Bangunan Proyek Hambalang Sengaja Dirobohkan

Bangunan sengaja dihancurkan menurut Dardi Gunawan, selaku Enginering dari PT Adhi Karya karena tanah yang amblas setinggi lima meter itu membuat dua bangunan miring dan dapat membahayakan.

Liputan6.com, Bogor: Dua bangunan di Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Bukit Hambalang yakni Power House dan venue Bulu Tangkis tidak runtuh seperti yang selama ini diberitakan. Bangunan yang diisukan runtuh akibat kontur tanah mengalami pelapukan pada Desember 2011, ternyata sengaja dihancurkan pelaksana proyek yakni PT Adhi Karya dan PT Wijaya Karya.

Dardi Gunawan, selaku Enginering dari PT Adhi Karya mengamini sengaja meruntuhkan dua bangunan yang masih dibangun berlantai satu dan belum beratap itu. Lantaran menurut Dardi, tanah yang amblas setinggi lima meter itu membuat dua bangunan miring dan dapat membahayakan bila terus dibangun dan demi untuk keselamatan banyak pihak.

"Awalnya jalanan di depan stadion indoor Bulutangkis dan Power House miring. Bangunan satu lantai yang belum beratap itu sengaja dirobohkan," kata Dardi, saat ditemui di Kompleks Sport Center dan Wisma Atlet Hambalang, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (30/5).

Dardi menjelaskan, jalan di depan dua bangunan itu dibuat berundak. Pada 14 Desember 2011, jalan mengalami keretakan. Sehari kemudian jalan turun sekitar lima hingga delapan meter. "Kami lantas memindahkan alat-alat yang ada di Power House (ruang genset)," tutur Dardi.

Sejak dua bangunan dan jalan seluas 1000 meter persegi itu diratakan dengan tanah, Dardi mengatakan tak ada aktivitas apapun di sana. "Semua kegiatan dihentikan menunggu proses penyelidikan miringnya tanah selesai."

Proses penyelidikan, kata Dardi dilakukan dari pihak asuransi dan pelaksana proyek. "Pihak asuransi, yaitu Asei sudah melihat kerusakan jalan dan dua bangunan itu," tandasnya.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.