Sukses

Serunya Lomba Suami Gendong Istri di Parepare

Lomba gendong istri ini dilangsungkan di Lapangan Bacukiki di kota Parepare, Sabtu (17/3/2018).

Fokus, Parepare - Seru dan lucu begitulah kira-kira bila Anda berada di tengah acara lomba suami gendong istri yang diselenggarakan di Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Pasangan suami-istri harus berlari untuk mencapai garis finish. Namun itu tidak mudah, karena selain berat dan harus menjaga keseimbangan, si penggendong (suami) harus mempertahankan sarungnya agar tidak melorot.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (18/3/2017), lomba gendong istri ini dilangsungkan di Lapangan Bacukiki di kota Parepare, Sabtu (17/3/2018). Pemenangnya adalah pasangan suami sitri Halim dan Suwarni.

"Pertandingan ini sangat seru, dan yang terpenting adalah bukan persoalan siapa yang menang dan kalah, tapi partisipasinya yang terpenting," kata pemenang Halim.

Menurut cerita, lomba ini sudah ada saat masyarakat Bacukiki masih berbentuk kerajaan. Ketika itu, terjadi bencana alam dan suami harus berlari menggendong istrinya mengungsi.

Terlepas dari itu, sebenarnya lomba ini mengajarkan bagaimana menjaga keharmonisan berumah tangga antara suami dan istri.

"Kita melaksakan ini untuk meningkatkan keharmonisan dalam rumah tangga. Dan masyarakat luas juga harus mengetahui bahwa masyrakat Bugis ini adalah masyarakat yang penyayang," terang panitia Rahmaniar.

Lomba menggendong istri rencananya akan dilangsungkan setiap tahun.