Sukses

Terima Surat Permintaan, PDIP Segera Umumkan Pimpinan DPR

Dia menjelaskan, keputusan itu nantinya akan ditentukan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Liputan6.com, Jakarta - Bendahara Fraksi PDIP DPR Alex Indra Lukman mengatakan pihaknya telah menerima surat dari pimpinan DPR mengenai permintaan nama untuk mengisi pimpinan DPR sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD atau MD3.

Alex menyebut surat tersebut sudah diteruskan kepada DPP PDIP. Sehingga dalam waktu dekat dapat diumumkan siapa sosok calon pimpinan itu.

"Iya, kita sudah menerima surat dari pimpinan DPR terkait permintaan nama pimpinan dari PDIP," kata Alex di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (15/3/2018).

Dia menjelaskan, keputusan itu nantinya akan ditentukan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Namun untuk nama, masih enggan menyebutkan siapa yang akan diberikan mandat.

"Saya rasa dari 109 anggota DPR yang ada di sini, ibu (Megawati) tahu persis siapa yang akan ditugaskan sebagai pimpinan DPR," ujar dia.

Kendati begitu, dalam struktur fraksi, Alex menyebut Megawati telah menunjuk dua kadernya sebagai pimpinan Fraksi PDIP di DPR yaitu Utut Adianto dan Bambang Wuriyanto. Dia menyebut kedua sosok tersebut diyakini memiliki kapasitas dan kapabilitas.

"Jadi dua nama itu adalah pucuk pimpinan fraksi sebagai bagian dari lembaga DPR Ini. Tentu dua nama itu mempunyai kapasitas untuk menduduki pimpinan DPR," jelas Alex.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pimpinan MPR

Ketua MPR Zulkifli Hasan meminta kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menunjuk salah satu kadernya menjadi pimpinan di MPR. Dia pun sempat menyampaikan kepada putri Bung Karno itu agar memilih Wasekjen PDI Perjuangan Ahmad Basarah.

"Tadi saya ngomong terbuka, Mbak Mega tolonglah Pak Basarah itu profesor Pancasila," kata Zulkifli Hasan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 14 Maret 2018.

Sedangkan untuk pimpinan lainnya, Zulkifli menyebut ada Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.