Sukses

Ketua MK: Kalau Indonesia Selalu Gaduh, Tak Akan Maju

Ketua MK Arief Hidayat mengaku tak mau ambil pusing tentang desakan mundur dari berbagai pihak. Ia lebih memilih tak berkomentar banyak tentang desakan mundur itu.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MK Arief Hidayat mengaku tak mau ambil pusing tentang desakan mundur dari berbagai pihak. Ia lebih memilih tak berkomentar banyak tentang desakan mundur itu.

"Oh kalau itu saya tidak berkomentar. Saya tidak mau gaduh," kata Arief di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Dia mengatakan, Mahkamah Konstitusi tengah mempersiapkan diri dalam menghadapi persoalan sengketa pilkada, sehingga tidak pantas jika nantinya terjadi kegaduhan di internal sendiri.

"‎MK ini mau menangani pilkada. Nanti kalau saya komentar gaduh, enggak elok. Indonesia kalau selalu suudzon, gaduh, enggak bisa maju. Mari kita melangkah ke depan dengan sebaik-baiknya," ucap Ketua MK Arief Hidayat.

Dia pun menyerahkan persoalan kode etik yang dilanggarnya kepada Dewan Etik Mahkamah Konstitusi. Termasuk soal harus mundur atau tidaknya dia sebagai Ketua MK.

"Apakah saya harus mundur atau tidak, tanya Dewan Etik," tambah dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Desakan Mundur

Sebelumnya, sesakan agar Ketua MK Arief Hidayat mundur terus bergulir setelah dewan etik menyatakannya terbukti melanggar etik. Desakan datang dari sejumlah profesor di seluruh Indonesia dan organisasi kemasyarakatan.

Mereka menilai Ketua MK Arief Hidayat perlu diingatkan. Terlebih, Arief sudah dua kali diputus bersalah melanggar etik oleh Dewan Etik Mahkamah Konstitusi (MK).

Arief dituntut memberi contoh yang baik. Terlebih, Mahkamah Konstitusi merupakan lembaga yang memutus soal perundangan. Jika terbukti melanggar etik, haruslah mundur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.