Sukses

Ketua MK Minta Jokowi Cari Pengganti Salah Satu Hakim

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Selasa (13/3/2018).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Selasa (13/3/2018). Pada pertemuan ini, Arief meminta Jokowi mencari pengganti hakim MK, Maria Farida Indarti yang berakhirnya masa jabatannya pada Agustus 2018.

"Oleh karena itu, kita mohon perhatian bapak Presiden, karena Prof Maria berasal dari usulan Presiden," kata Arief di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Arief berharap Jokowi bisa langsung mengambil keputusan terkait pengganti Maria di MK. Sehingga, kata dia, tidak terjadi kekosongan hakim saat MK menggelar sidang gugatan Pilkada Serentak 2018.

"Maka kita harapkan bisa terisi dengan batas waktu yang pas, tepat sehingga kita tidak ada kekosongan Hakim, kita hanya delapan, sehingga tetap genap, hakim MK itu sembilan orang, itu yang pertama," ucap Arief.

Arief mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi terkait pengganti Maria di MK. "Ya itu mungkin Presiden punya pertimbangan kalau yang digantikan unsur perempuan mau diisi petempuan lagi, ya terserah pada Presiden," terang Arief.

"Yang penting adalah hakim yang paham betul mengenai ideologi Pancasila, paham betul mengenai konstitusi, dan mempunyai kompetensi di bidang ketatanegaraan dan konstitusi yang secara luas itu," sambung Ketua MK.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Hadapi Pilkada

Selain itu, Arief melaporkan tentang kesiapan lembaganya dalam menangani perselisihan atau sengketa hasil Pilkada 2018.

"Kemudian kita juga melaporkan seluruh persiapan penanganan perselisihan hasil pilkada untuk tahun 2018 ini ya Pilkada serentak. Keberhasilan Pilkada 2018 itu mencerminkan hasil Pileg dan Pilpres 2019," tandas Arief.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.