Sukses

Diduga Gangguan Jiwa, Suami di Purworejo Cekik Istri Lalu Bunuh Diri

Diduga mengalami gangguan kejiwaan, seorang suami bunuh istri yang tengah hamil lalu akhiri hidupnya sendiri.

Patroli, Jawa Tengah - Sepasang suami istri di Purworejo, Jawa Tengah, ditemukan tewas mengenaskan di dalam kamar rumahnya. Sang suami, Ratimin (45), ditemukan tewas tergantung sedangkan sang istri, Lilik (38), yang sedang hamil ditemukan terbungkus karung.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (12/3/2018), rumah di Desa Semawung, Purworejo, Jawa Tengah menjadi pusat perhatian warga setelah kabar pasutri tewas mengenaskan.

Peristiwa kematian pasangan yang baru menikah ini, pertama kali diketahui oleh Tuminah (80) ibunda Ratimin. Awalnya Tuminah mencari anaknya yang tak tampak sejak pagi. Namun Tuminah melihat anak dan menantunya tak bernyawa. Tuminah kemudian memberitahu warga.

Polisi yang melakukan olah tempat kejadian perkara dan menyelidiki jasad korban menemukan bekas cekikan di leher dan sejumlah luka di tubuh Lilik.

Meski belum ada keterangan resmi dari polisi, warga menduga Ratimin membunuh istrinya terlebih dahulu sebelum akhirnya bunuh diri. Dugaan ini didasari riwayat kejiwaan Ratimin yang pernah direhabilitasi di rumah sakit jiwa.

Keterangan warga diperkuat informasi dari kerabat Lilik bahwa Ratimin memang sejak lama mengalami gangguan jiwa. Perilaku Ratimin kadang kambuh dan cepat kembali sehat.

Saat menjalani rehabilitasi di rumah sakit jiwa, Ratimin bahkan beberapa kali kabur. Menurut saudara ipar pelaku, Tuti, Ratimin sering kabur karena dia tidak merasa dirinya sakit jiwa.

Sementara itu, polisi menemukan surat keterangan dari rumah sakit yang menerangkan Ratimin memang betul mengalami gangguan jiwa. Dugaan kuat, sebelum Ratimin bunuh diri, terlebih dahulu dia menganiaya dan membunuh istrinya yang sedang hamil. Namun, polisi belum menemukan titik terang perihal motif di balik kematian pasangan pengantin ini.