Sukses

Ratusan Umat Hindu Tengger Semeru Gelar Upacara Melasti

Pesisir Pantai Watu Pecak, Desa Selok Awar-Awar, Pasirian, Lumajang, menjadi tempat digelarnya Melasti.

Liputan6.com, Lumajang - Pesisir Pantai Watu Pecak, Desa Selok Awar-Awar, Pasirian, Lumajang, Jawa Timur menjadi tempat digelarnya upacara Melasti bagi ratusan umat Hindu yang berasal dari Tengger, Semeru.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (12/3/2018), upacara Melasti ini merupakan ritual sebagai salah satu rangkaian upacara Penyepian dalam menyambut Tahun Baru Saka 1940.

Upacara Melasti merupakan upacara penyucian buana agung dan buana alit dari aura negatif, termasuk yang selama ini bersemayam di dalam diri manusia. Upacara ini diakhiri dengan melarung sejumlah sesaji ke tengah laut selatan.

Sementara dengan didampingi sang istri, yakni Fery Farhati Ganis, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, tiba di Pura Segara, Jalan Krematorium, Cilincing, Jakarta Utara. Bersama petinggi umat Hindu DKI Jakarta, Anies dan Istri juga diajak berkeliling pura, termasuk mengantar umat Hindu yang akan melaksanakan ritual melarung persembahan ke laut Jakarta.

Anies dalam sambutannya menyatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memfasilitasi semua yang menjadi kebutuhan peribadatan bagi umat Hindu di Jakarta, mulai dari membenahi seluruh fasilitas rumah ibadah, hingga memasukan pendidikan agama Hindu ke kurikulum sekolah.