Sukses

Suara Siapa Tergerus Jika Poros Ketiga Muncul di Pilpres 2019?

Muhammad Qodari menyatakan, koalisi poros ketiga di Pilpres 2019 dimungkinkan.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari menyatakan, koalisi poros ketiga di Pilpres 2019 dimungkinkan. Munculnya calon ketiga dipastikan akan menggerus dukungan suara calon yang sudah ada seperti Jokowi atau Prabowo Subianto.

"Tergantung siapa calonnya," ujar Qodari di Gedung ICMI, Jakarta Pusat, Rabu 7 Maret 2018.

Ia pun lalu mencontohkan jika sosok eks Panglima TNI Gatot Nurmantyo yang mencul di Pilpres 2019. Dia menilai, nantinya suara yang akan kalah adalah Prabowo.

"Karena sama-sama latar belakang militer," ucapnya.

Sedangkan jika calon di Pilpres 2019 di poros ketiga adalah mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, lanjut dia, maka suara yang akan tergerus adalah Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prabowo Dirugikan

"Tapi bukan mustahil Prabowo akan tergerus, kenapa? Anies anggaplah representasi tokoh Islam atau masyarakat Islam. Sementara Pak Prabowo selama ini imagenya dukungan datang dari kelompok Islam, artinya dukungan Pak Prabowo juga akan tergerus," kata dia.

Yang jelas, Qodari menilai, Prabowo lebih dirugikan jika ada calon ketiga nantinya.

"Katakanlah capresnya militer, Prabowo terganggu. Latar belakang Islam, Prabowo terganggu juga," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.