Sukses

Bertemu Jurnalis Cilik, Menpora Ditanya Soal Asian Games 2018

Asian Games 2018 ternyata tak hanya menarik perhatian orang dewasa, melainkan juga para pelajar sekolah dasar.

 

Liputan6.com, Jakarta
Asian Games 2018 ternyata tak hanya menarik perhatian orang dewasa, melainkan juga para pelajar sekolah dasar. Redaksi Majalah Creative In Action (CIA) bersama para pelajar dari berbagai sekolah dasar bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, Selasa (20/2) lalu.
 
Menpora merasa senang dan bangga atas kedatangan para jurnalis cilik berbakat dari sekolah-sekolah dasar. Beberapa pertanyaan dari para jurnalis cilik ini sempat di sampaikan kepada Menpora yang nantinya akan diliput di media internal mereka di sekolah. Seperti Fauziah Bilqis dari SDN Pondok Labu II yang menanyakan hasil dari test event Asian Games.
 
Mendengar beberapa pertanyaan yang diberikan Menpora mengaku senang, menteri asal Bangkalan ini menegaskan jika Indonesia sukses di Asian Games ini Indonesia akan maju bidding olimpiade.
 
"Jika ini sukses kita akan ikut bidding olimpiade yakni even olahraga yang lebih tinggi dari Asian Games," ucap Menpora.
 
Menpor mengungkapkan, dirinya senang karena Majalah CIA  ikut mensosialisaiskan Asian Games juga agar anak-anak gemar berolahraga.
 
"Dengan Asian Games akan banyak orang di dunia bertemu di Indonesia makanya Indonesia akan menjadi buah bibir dunia, dan kita bercita cita menjadi yang terbaik dengan Asian Games maka olahraga bukan sekedar kegiatan asal asalan terlebih harus masuk di kurikulum sekolah," tuturnya.
 
Para jurnalis cilik ini, kata Stevani adalah penggiat literasi di sekolah-sekolah mereka yang memiliki majalah-majalah internal.
 
"Kami dari Majalah CIA memang menjadi motor penggerak literasi di sekolah-sekolah, di tahun ini acara akbar kita yakni menjadi tuan rumah Asian Games Agustus mendatang, kami berinisiatif menggelar gerakan literasi olahraga di sekolah-sekolah sepanjang 11 edisi akan mengangkat khusus negara peserta Asian Games, akan ada 11 negara yang akan kami angkat sebagai negara peserta Asian Games 2018," ujar Stevani.
 
"Selain di majalah kami akan mengadakan roadshow ke 15 kota di Indonesia dan 100 sekolah-sekolah untuk sosialisasi mengenai Asian Games dan Asian Para Games 2018 dengan judul Energy Rangers, tujuannya mengajak anak-anak menjadi pemberi semangat bagi tim nasional Indonesia, menambah wawasan olahraga anak-anak, menumbuhkan rasa bangga sebagai tuan rumah Asian Games dan menumbuhkan jiwa sportvitas mereka," lanjutnya.
 
Roadshow itu nantinya akan dikemas dengan pameran tentang sejarah Asian Games, cabor yang dipertandingkan, negara peserta, dan sesi bangga Indonesia serta momen unik Asian Games dan akan ditampilkan secara menarik. "Kami juga akan membut aktifitas mewarnai dan membuat postcard, targetnya 20 ribu postcard yang akan dikirimkan kepada para atlet yang akan ikut bertanding, di Bulan Agustus akan diadakan acara puncak tentang menyambut Asian Games, Hari Kemerdekaan dan memperingati Hari Anak Nasional," urainya.
 
Turut mendampingi Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah, Staf Khusus Pemuda Zainul Munasichin, Staf Khusus Komunikasi dan Kemitraan Anggia Ermarini. (ben)
 
Para jurnalis cilik yang hadir antara lain Fabianus Marco dan Benaya Banyu (Sekolah Dasar Tarakanita II), Michelle Rafa dan Kayla Amalia (SD SSN Islamic Village), Jason Anthony dan Yuliana Yoke (SD Mardiyuana) serta Haris Aydin dan Fauziah Bilqis (SDN Pondok Labu II) bersama redaksi Majalah Creative In Action (CIA), Tarsisius dan Stevani.
 
 
(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.