Sukses

Begini Kondisi Tiang Tol Becakayu yang Ambruk

Tiang girder Tol Becakayu ambruk saat pekerja sedang bertugas pada Selasa (20/2/2018) dini hari tadi.

Liputan6.com, Jakarta - Tiang girder Tol Becakayu ambruk saat pekerja sedang bertugas Selasa (20/2/2018) dini hari tadi. Penyangga pelat untuk pengecoran tiang Tol Bekasi-Kampung Melayu itu atau brekat timber terlepas dan jatuh.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (20/2/2018), garis polisi sudah melintang mengelilingi lokasi yang ambruk. Serpihan beton dan rangka besi yang bengkok pun terlihat saling menimbun.

Tiang bantu pembangunan Tol Becakayu memang masih terlihat berdiri kokoh. Hanya saja, ujung bagian atas seperti baru saja meledak. Besi-besi di tiang tersebut saling berbelit tidak keruan.

Tiang girder proyek Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) di dekat Gerbang Tol Kebon Nanas, Jakarta Timur, ambruk, Selasa (20/2). Akibat robohnya tiang girder itu, tujuh orang pekerja terluka tertimpa material yang jatuh (Liputan6.com/Arya Manggala)

Petugas baik dari Polantas dan Dinas Perhubungan masih berjaga mengatur kelancaran arus kendaraan di Jalan DI Pandjaitan, lokasi tiang Tol Becakayu ambruk. Satpol PP juga dikerahkan agar lokasi tidak sembarangan dimasuki warga.

Reruntuhan material dari tiang girder proyek Tol Becakayu yang ambruk di dekat Gerbang Tol Kebon Nanas, Jakarta Timur, Selasa (20/2). Untuk sementara pengerjaan proyek ini dihentikan untuk kepentingan penyelidikan. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Kapolres Jakarta Timur Kombes Tony Surya Putra menyampaikan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 03.40 WIB. Tujuh pekerja mengalami luka berat dan ringan atas peristiwa itu.

Petugas kepolisian berada di lokasi ambruknya tiang girder proyek Tol Becakayu dekat Gerbang Tol Kebon Nanas, Jakarta, Selasa (20/2). Pihak kepolisian mengatakan dugaan sementara terjadi karena brecket tember yang kurang kuat. (Liputan6.com/Arya Manggala)

"Dari korban yang kita evakuasi sebanyak tujuh orang. Sampai saat ini, keterangan dari pihak Rumah Sakit UKI belum ada korban jiwa," ujar Tony di lokasi tiang Tol Becakayu ambruk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Olah TKP

Polisi langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) tiang Tol Becakayu yang ambruk, Selasa (20/2/2018) pagi ini.

Sejumlah petugas Inafis Polres Jakarta Timur sudah berada di lokasi berdasar pengamatan Liputan6.com. Mereka masih melakukan sejumlah persiapan untuk melakukan olah TKP.

Kapolres Jakarta Timur Kombes Tony Surya Putra mengatakan olah TKP dilakukan untuk mengetahui penyebab tiang Tol Becakayu ambruk.

"Sebentar lagi Puslabfor dari Mabes Polri akan datang untuk melakukan olah TKP," ujar Tony, di lokasi kejadian, Selasa.

Menurut dia, dari hasil olah TKP, ditambah keterangan saksi-saksi, polisi akan menyimpulkan penyebab insiden tiang Tol Becakayu ambruk itu. Ini juga untuk mengidentifikasi dugaan kelalaian, misalnya.

"Dari pemeriksaan saksi-saksi, kemudian olah TKP oleh Puslabfor, baru nanti bisa dapat kita simpulkan apakah ada unsur kelalaian, atau SOP yang tidak dijalankan, sehingga terjadi kecelakaan kerja ini," kata Tony.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.