Sukses

Jokowi Bingung Dengar Emak-Emak di Gowa Sebut Ikan Lure

Jokowi kemudian menanyakan nama ikan tersebut ke Bupati Gowa, Adnan Purichta.

Liputan6.com, Gowa - Ada kejadian lucu saat Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkunjung ke Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan untuk membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Program Keluarga Harapan (PKH), pada Kamis (15/2/2018).

Saat bertemu dengan warga, Jokowi pun menantang emak-emak yang hadir untuk menyebutkan nama-nama ikan. Seperti biasa dilakukan dalam setiap kunjungan, yang menjawab benar akan diberi Jokowi hadiah sepeda.

"Indonesia kan banyak ikannya. Ada yang hafal tujuh nama ikan saja? Ini khusus untuk ibu-ibu. Yang bisa menjawab saya beri hadiah sepeda," kata Jokowi, Kamis (15/2/2018).

Seketika emak-emak yang hadir secara serentak mengangkat tangan, berharap terpilih untuk menyebutkan nama-nama ikan dan diberi hadiah sepeda oleh Jokowi.

Jokowi sesaat menelisik, memilah emak-emak mana yang akan disuruh naik panggung. Hingga akhirnya pilihan jatuh pada seorang ibu rumah tangga bernama Deli. Belakangan diketahui Deli merupakan warga Jenetallasa, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa.

Deli beranjak dari tempat duduknya, ia berjalan ke panggung dan berdiri di samping Jokowi. Setelah memperkenalkan diri, Deli pun mulai menyebutkan nama ikan yang ia ketahui satu per satu.

"Eeh, ikan bandeng, mujair, lure atau mairo, sunu, tenggiri, kakap," ucap Deli bersambung tawa warga yang hadir.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Bingung

Jokowi terlihat bingung dan heran mendengar nama-nama ikan yang disebutkan Deli. Jokowi kemudian menanyakan nama ikan tersebut ke Bupati Gowa, Adnan Purichta.

"Apa itu Lure? Saya enggak ngerti. Pak Bupati apa benar ada ikan seperti itu?" tanya Jokowi ke Adnan.

"Iya, Pak. Ada," jawab Adnan yang berdiri saat ditanya oleh Jokowi.

Mendengar jawaban Bupati Gowa yang membenarkan jawaban Deli, Jokowi akhirnya memberikan hadiah sebuah sepeda yang ada stiker 'Sepeda Jokowi' kepada Deli.

"Sepeda itu mahal lho, ada tulisan Hadiah Presiden Jokowi," ucap mantan Wali Kota Solo itu bercanda.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.