Sukses

Akibat Longsor, KAI Tutup Sementara Jalur KA Bogor-Sukabumi

PT Kereta Api Indonesia terpaksa menutup sementara seluruh perjalanan kereta api jurusan Bogor–Sukabumi.

Fokus, Jawa Barat - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sepanjang Senin 5 Februari 2018, mengakibatkan longsor di dua titik lintasan kereta api, tepatnya di Maseng dan Cigombong.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (6/2/2018), atas kondisi tersebut, akibatnya PT Kereta Api Indonesia (PT. KAI) terpaksa menutup sementara seluruh perjalanan kereta api jurusan Bogor–Sukabumi.

Longsor yang terjadi di kawasan Maseng kilometer 13, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, pada Senin siang, 5 Februari 2018, membuat jalur kereta api menggantung sepanjang lebih kurang 15 meter.

Labilnya kondisi tanah di lokasi ini membuat PT KAI, Daerah Operasi (DAOP) satu, menutup total jalur ini dari seluruh perjalanan kereta api, tepatnya jurusan Bogor-Sukabumi dan sebaliknya, sejak Senin siang.

Selain itu, longsor juga mengakibatkan sejumlah rumah warga tertimbun. Hingga senin sore tercatat lima warga hilang, diperkirakan ikut tertimbun longsor. Namun, proses evakuasi korban terpaksa dihentikan Senin sore dan akan dilanjutkan pada Selasa pagi, 6 Februari 2018.

Sementara itu akibat penutupan jalur kereta api, sejumlah penumpang kereta mengembalikan tiket kereta jurusan Bogor-Sukabumi yang telah dipesan, di Stasiun Paledang, Kota Bogor. Mereka terpaksa menukar tiket dengan uang, karena Kereta Api Pangrango yang mereka tumpangi, tidak beroperasi. Hingga Senin sore PT KAI belum bisa memastikan kapan kereta api jurusan Bogor-Sukabumi, bisa kembali beroperasi.