Sukses

4 Titik Longsor yang Bikin Jalur Puncak Ditutup Total

Sutopo mengatakan Longsor menutup jalan dan terdapat beberapa tiang listrik roboh serta pohon tumbang.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras yang berkepanjangan di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, telah menyebabkan terjadinya longsor pada Senin (5/2/2018) pagi. Ada empat titik longsor yang membuat akses jalur menuju Cianjur, Bandung, dan sekitar ditutup total.

"Empat titik longsor, yaitu di sekitar Masjid At-Ta'awun, Widuri, Grand Hill, dan Riung Gunung," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulisnya, Senin (5/2/2018).

Sutopo mengatakan, Longsor menutup jalan dan terdapat beberapa tiang listrik roboh serta pohon tumbang. Belum ada laporan resmi korban dari longsor di Puncak. BPBD Kabupaten Bogor masih melakukan verifikasi terkait adanya informasi korban longsor.

Untuk sementara, kata Sutopo, jalur jalan dari Jakarta menuju Puncak, Bogor ditutup total karena jalan tertimbun longsor.

"Mulai pukul 09.15 WIb, jalur Puncak ditutup mulai Polingga untuk memudahkan evakuasi dan penanganan longsor di 4 titik longsor tersebut," Sutopo menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersihkan Longsor

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama mengatakan untuk sementara, pengendara yang hendak menuju Cianjur melalui jalur Puncak dialihkan ke jalur Sukabumi. Begitu juga dari arah Cianjur di tutup total dan diarahkan melalui Jonggol.

"Mulai pukul 09.20, jalur Puncak ditutup mulai Polingga untuk memudahkan evakuasi longsor," kata dia.

Hasby menyebutkan dua lokasi tebing yang berada di sisi jalan longsor menutup total akses utama jalur Puncak. Adapun satu titik lokasi lainnya sebagian badan jalan ambles akibat tergerus longsor.

Hingga kini, petugas dari berbagai instansi termasuk TNI dan Polri belum bisa membersihkan material longsor, karena kondisi di lokasi masih diguyur hujan deras.

"Kami upayakan hari ini segera dilakukan pembersihan material longsor, agar jalur segera bisa dilintasi," pungkas dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.