Sukses

Djarot: Katanya Ada OKE OCE, Masa Suruh Tarik Becak Terus

Djarot Saiful Hidayat meminta Pemprov DKI Jakarta menimbang kembali kebijakan legalisasi operasional becak.

Liputan6.com, Jakarta - Djarot Saiful Hidayat meminta Pemprov DKI Jakarta menimbang kembali kebijakan legalisasi operasional becak. Menurut Djarot, banyak hal yang harus diperhatikan. Sebab, operasional becak, kata dia, dapat memicu urbanisasi.

Djarot mengatakan, kaum urban yang datang ke Jakarta rata-rata tidak memiliki kemampuan. Mereka bekerja pada sektor informal dan nonformal. Untuk itu, dia meminta Pemrov DKI mengantisipasinya.

"Jangan sampai becak dari luar berbondong-bodong masuk ke sini," ucap Djarot di Depok, Jumat (2/2/2018).

Dia menaksir, saat ini penarik becak di Jakarta jumlahnya sekitar 1.000 orang. Sebagian besar mereka sudah berusia lanjut. Dengan begitu, Pemprov DKI disarankan lebih baik melatih mereka menjadi enterpreneur.

"Solusi yang tepat itu mereka (penarik becak) dinaikkan kelasnya. Jadi, becak bukan lagi mengangkut penumpang. Tapi untuk angkut belanjaan ke pasar," saran dia.

"Katanya ada program OK OCE untuk enterpreneur, masak disuruh narik becak terus," imbuh Djarot.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ubah Pergub

Selain itu, Djarot juga mengusulkan agar Pemprov DKI merevisi Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum. "Kalau mau diubah (Pergub) harus segera dibicarakan dengan DPRD," ucap dia.

Djarot membandingkan dengan kepemimpinnya dulu. Dengan nada menyindir, dia menilai rencana kebijakan Anies itu tidak mematuhi aturan sebelumnya.

"Kalau kami dulu patuh apa yang sudah diputuskan sebelumnya," ucap dia.

Djarot menilai moda transportasi tersebut sudah tidak layak. Masih ada transportasi publik yang lebih layak dari becak.

"Masalah becak sudah ada perdanya. Tinggal dijalankan. Becak sudah tak sesuai lagi (mengangkut penumpang orang)," ucap Djarot.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.