Sukses

Kebakaran Panti Jompo di Jepang Tewaskan 11 Orang

Api menghanguskan bangunan panti jompo bertingkat tiga yang tadinya bekas sebuah hotel.

Liputan6.com, Jepang - Sebanyak 11 orang tewas ketika kebakaran melanda sebuah panti jompo di Sapporo, Jepang. Berita ini mengawali Jendela Dunia dalam Liputan6 Malam SCTV, Jumat (2/2/2018).

Kebakaran besar terjadi di sebuah panti jompo di kota Sapporo, kota utama di pulau Hokkaido, Jepang. Jelang tengah malam Kamis waktu setempat, api menghanguskan bangunan bertingkat tiga tersebut hingga menewaskan 11 orang. Lima penghuni panti jompo telah diselamatkan.

Penyebab kebakaran belum diketahui. Bangunan ini tadinya bekas sebuah hotel yang disewa dan dijadikan panti jompo.

Sementara itu, festival musim semi di China, dimulai Kamis ini dan akan berlangsung hingga 12 Maret mendatang. Jelang musim semi, kondisi stasiun kereta dan sarana transportasi lain di China makin padat.

Jutaan warga diperkirakan akan mudik. Aparat transportasi China mempersiapkan tambahan lebih dari 1.000 jadwal kereta dan 177 jadwal kereta kecepatan tinggi yang bisa membawa tambahan 100.000 penumpang tiap hari.

Selain itu, di Skotlandia, ratusan orang merayakan festival api Viking "Up Helly aa Viking" di Lerwick, Shetland sebuah kepulauan di Skotlandia. Sambil membawa obor, mereka berpawai di ruas jalan lalu berkumpul di sebuah tempat di mana sebuah kapal viking sudah disiapkan, lalu dibakar beramai-ramai.

Festival api viking ini biasanya digelar di hari Selasa terakhir Januari. Festival obor viking ini bermula di tahun 1870 untuk memperingati viking yang menguasai Shetlands di masa lalu.