Sukses

Menkes: Tak Ada Penolakan Imunisasi Campak di Asmat

Penduduk Asmat, Papua tidak ada yang menolak diimunisasi untuk mencegah penyebaran penyakit campak.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengungkap, penduduk Asmat, Papua tidak ada yang menolak diimunisasi untuk mencegah penyebaran penyakit campak.

"Sampai sekarang laporan dari staf saya yang melakukan. tidak ada (penolakan). Tapi memang kita harus melakukan misalnya pengobatan dan mereka mau," kata Nila di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (1/2/2018).

Menurut dia, saat ini pihaknya sudah melakukan Outbreak Response Immunization (ORI) terhadap 13.300 anak di Asmat. "Intinya kami sudah lakukan imunisasi," ucap dia.

Sementara, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Mohamad Subuh mengungkapkan imunisasi tersebut tak hanya di Asmat, tapi juga dilakukan pada 17 Kabupaten di Papua.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

17 Kabupaten

17 Kabupaten itu adalah Asmat, Yahukimo, Pegunungan Bintang, Nduga, Tolikara, Lanny Jaya, Puncak dan Puncak Jaya. Kemudian di Mamberamo Tengah, Mamberamo Raya, waropen, Sukuyori, Deiyai, Dogiyai, Intan Jaya, Paniai, dan Yalimo. 

"Sebenarnya ada tahap awal, yang tahap awal ini 10 kabupaten dulu. Kemudian bertahap selang beberapa bulan dilanjutkan pada Kabupaten lainnya," ungkap dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.