Sukses

Kemensos Berikan Bantuan ke daerah Terdampak Gempa di Lebak

Kemensos juga menerjunkan seribu lebih Taruna Siaga Bencana untuk membantu korban gempa.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sosial Idrus Marham datang ke Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (24 Januari 2018). Kehadirannya untuk meninjau lokasi tersebut pascagempa berkekuatan 6,1 skala Richter (SR).

Lebak termasuk daerah dengan dampak kerusakan terparah. Hal itu terjadi karena letaknya yang paling dekat dengan episentrum gempa.

Dalam periode tanggap darurat, Kemensos memberikan bantuan logistik senilai Rp 243.038.350,00 dan menurunkan lebih dari 1000 orang Taruna Siaga Bencana untuk membantu korban gempa.

"Bantuan sebanyak dua mobil berisi beras dan lauk-pauk sudah kita serahkan kepada ibu bupati (Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya). Kita minta ibu bupati memastikan bantuan sampai kepada rakyat," kata Idrus Marham dalam keterangan tertulis, Rabu (14/01/2018).

Penyerahan bantuan dilakukan di kantor Kecamatan Panggarangan, Banten. Idrus beserta jajaran Kemensos juga meninjau lokasi bencana di Desa Cimandiri, Kecamatan Panggarangan, Lebak, Banten.

"Selain itu, kita juga mengkomunikasikan kepada beliau (Bupati Lebak) untuk menyediakan penampungan bagi warga yang rumahnya terkena dampak bencana," lanjut Idrus.

Bantuan logistik yang diberikan Kemensos di antaranya adalah 640 paket lauk pauk, 2 ton beras, 300 lembar selimut, 200 lembar tenda gulung, dan 100 paket sandang.

1.030 orang Tagana dan personel dinas sosial juga diterjunkan ke beberapa titik bencana. Bantuan logistik difokuskan kepada 92 KK yang rumahnya rusak berat.

Tim yang turun menginventarisasi dampak gempa termasuk kerusakan dan kerugian yang dialami warga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih dari 1000 Bangunan Rusak

Data terbaru menunjukkan, sebanyak 157 unit rumah rusak berat dan 968 unit rumah rusak ringan, 5 unit sarana umum rusak berat dan 26 unit rusak ringan. Total ada 1.156 unit fasilitas fisik rusak.

"Pesan Presiden (Joko Widodo) bila terjadi bencana, agar dipastikan semua bisa terurus. Tidak boleh ada anak bangsa yang terkena musibah, terkena bencana, tidak diurusi. Itulah pesan dan perintah presiden kepada saya," ujar Idrus.

Idrus mengatakan, ia juga sudah berkoordinasi dengan seluruh elemen masyarakat di Lebak, Banten. Setelah menginventarisasi, langkah selanjutnya yang dilakukan Kemensos adalah menentukan bantuan lainnya yang bisa diberikan baik dari pemerintah pusat maupun daerah.

Untuk fasilitas umum, Kemensos akan segera mengambil langkah-langkah khusus karena menyangkut kepentingan masyarakat luas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.