Sukses

Gempa Banten, Kemensos Terjunkan Tagana dan Distribusikan Bantuan

Tim Kemensos telah melakukan evakuasi warga serta mitigasi untuk mengurangi resiko yang bencana gempa.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Sosial (Kemensos) langsung mendistribusikan bantuan untuk korban gempa di Kabupaten Lebak, Banten. Bantuan itu rencananya akan difokuskan kepada 92 kepala keluarga yang rumahnya mengalami kerusakan berat.

Menteri Sosial, Idrus Marham, menyatakan bantuan yang distribusikan berupa satu ton beras, 100 lembar selimut, 120 matras, 240 paket lauk pauk dan 30 paket foodware.

"Sesaat setelah gempa kami menerjunkan taruna siaga bencana (Tagana) bersama Dinas Sosial Provinsi Banten untuk menyisir dampak gempa," kaya Idrus di Jakarta, Selasa (23 Januari 2018).

Tak hanya itu, dia menyatakan telah menerjunkan tim dari Kemensos untuk melakukan pendampingan dan assessment kebutuhan para pengungsi.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Kemensos, Harry Hikmat menuturkan tim Kemensos telah melakukan evakuasi warga serta mitigasi untuk mengurangi resiko bencana.

Harry mengimbau masyarakat tetap tenang. Namun, masyarakat tidak boleh mengendurkan kewaspadaan dalam melakukan aktivitas pascagempa.

"Sebanyak 219 anggota Tagana asal Lebak diterjunkan untuk membantu penanganan korban bencana gempa," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

129 Rumah Rusak

Gempa berkekuatan 6,1 SR menggoyang Jakarta dan sekitarnya. Gempa tersebut berpusat di Lebak, Banten.

Akibat bencana tersebut, sebanyak 129 rumah rusak. Lokasinya tersebar di 10 Kecamatan yakni Kecamatan Bayah, Wanasalam, Cilograng, Panggarangan, Lebak Gedong, Sobang, Cimarga, Sajira, Cihara, dan Rinten. Di Kabupaten Bogor, sebanyak 13 unit rumah mengalami kerusakan yang berlokasi di Kelurahan Tari Kolot, Pekancilan, dan Kuta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa magnitudo 5,5 mengguncang Banten, Jumat (4/2/2022). Lindu terjadi pada pukul 17.10 WIB.
    Gempa magnitudo 5,5 mengguncang Banten, Jumat (4/2/2022). Lindu terjadi pada pukul 17.10 WIB.

    Gempa Banten

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa