Sukses

Diguncang Gempa, Puluhan Bangunan di Bogor Rusak Parah

Di Desa Sukamaju, Cintamanik, Kecamatan Cigudeg terdapat 11 rumah rusak sedang hingga berat akibat gempa.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 82 bangunan di Bogor, Jawa Barat rusak akibat gempa berkekuatan 6,1 skala Richter, Selasa (23/1/2018) pukul 13.34 WIB.

Data sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, tercatat ada 82 bangunan yang rusak. Dua di antaranya gedung sekolah dan masjid.

Bangunan yang rusak akibat dampak gempa di Lebak, Provinsi Banten ini tersebar di beberapa desa di wilayah Kabupaten Bogor.

"Laporan sementara ada 82 bangunan. Termasuk satu masjid dan satu sekolah," kata Sekretaris BPBD Kabupaten Bogor Budi Pranowo saat dikonfirmasi Liputan6.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rinciannya

Adapun rincian dan wilayah yang terdampak akibat guncangan gempa antara lain:

Desa Sukamaju, Cintamanik, Warga Jaya, Kecamatan Cigudeg terdapat 11 bangunan rumah rusak sedang hingga berat.

Di Desa Malasari dan Desa Bantar Karet Kecamatan Nanggung, 57 bangunan rusak ringan hingga berat. Kemudian di Desa Cibunian Kecamatan Pamijahan terdapat lima bangunan rusak.

Selanjutnya, di Desa Pasir Muncang, Desa Lemah Duhur dan Pasir Buncir Kecamatan Caringin ada empat bangunan rumah rusak serta satu bangunan atap Sekolah Dasar Cimande dua rusak parah.

Di Desa Cijeruk dan Desa Cipelang Kecamatan Cijeruk terdapat dua bangunan rusak. Selain itu, dua rumah berlantai dua roboh di Desa Kuta, Kecamatan Megamendung.

Menurut Budi, hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa maupun luka akibat keadian tersebut.

"Korban bencana dievakuasi ke rumah saudara dan tenda darurat dari BPBD dan TNI," kata dia. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Jakarta