Sukses

Jokowi Ingatkan TNI-Polri Bersiap Amankan Pesta Demokrasi

Jokowi mengingatkan agar jajaran TNI-Polri mempersiapkan diri dalam rangka mengamankan pesta demokrasi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri di Mabes Cilangkap, Jakarta Timur pada Selasa (31/1/2018).

Ada sejumlah hal yang disampaikan Jokowi dalam pidatonya saat membuka Rapim TNI-Polri dengan tema "Dilandasi dengan sinergi, soliditas, dan profesionalitas TNI-Polri Mengamankan pilkada serentak 2018 dan tahapan pemilu 2019, dalam rangka menjamin kelangsungan pembangunan nasional".

Satu diantaranya, Jokowi mengingatkan agar jajaran TNI-Polri mempersiapkan diri dalam rangka mengamankan pesta demokrasi.

"Artinya juga bahwa Polri dan TNI telah menjalankan tugasnya dengan baik dalam mengamankan setiap perheletan demokrasi yang telah kita lakukan," kata Jokowi dalam pidatonya di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (23/1/2018).

Menurut Jokowi, kinerja TNI-Polri dalam menjaga dan mengamankan pesta demokrasi semakin membaik. Contohnya, kata dia, terlihat dari penyelenggaraan Pilkada DKI 2017, Pileg dan Pilpres 2014 yang berjalan dengan lancar tanpa diwarnai konflik.

"Pertama kita patut berbangga bahwa kita sebagai Bangsa Indonesia berhasil menyelenggarakan beberapa kali pemilu secara demokratis, secara damai, secara aman dan tertib," ucap Jokowi.

"Artinya masyarakat kita semakin dewasa, masyarakat kita semakin matang dalam berdemokrasi, semakin dewasa dalam berpolitik," sambung dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menteri Beri Pembekalan

Sementara, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengungkapkan, bahwa Rapim TNI-Polri ini dihadiri 359 perwira tinggi (Pati) yang ada di lingkungan TNI dan Polri.

"Pembekalan akan disampaikan para menteri Kabinet Kerja, Kapolri, dan para kepala badan lembaga negara dan tutup Bapak Wakil Presiden. Di hadapan Bapak Presiden hadir 359 perwira tinggi 180 Pati TNI dan 179 Polri‎," kata Hadi.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI