Sukses

Jokowi Target Tol Bakauheni-Palembang Rampung Sebelum Asian Games

Jokowi buru-buru meresmikan tol ini karena dia ingin agar Tol Bakauheni selesai sebelum Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), yakni ruas Bakauheni-Terbanggi Besar segmen Pelabuhan-Bakauheni sepanjang 8,9 km dan segmen Lematang-Kotabaru sepanjang 5,64 km, di Bakauheni, Lampung, Minggu 21 Januari 2018.

Jokowi buru-buru meresmikan tol ini karena dia ingin agar Tol Bakauheni selesai sebelum Asian Games 2018.

"Kenapa ini segera kita resmikan, saya ingin mendorong agar yang dari Bakauheni sampai Palembang ini bisa diselesaikan sebelum Asian Games itu berjalan," kata Jokowi.

Meski demikian, Jokowi mengakui jika masiah ada persoalan pembebasan lahan untuk pembangunan proyek tersebut. Namun, kata Jokowi, Gubernur Lampung Rhido Ficardo sudah berjanji akan menyelesaikannya.

"Janji itu saya pegang dan saya tulis. Nanti kalau enggak selesai eh kan saya cek pembebasan lahan tanggung jawabnya ada di siapa jelas, Pak Gubernur," ujar Jokowi.

Jalan tol ini merupakan salah satu dari proyek strategis nasional yang merupakan bagian dari jalan tol Trans Sumatra yang total panjangnya 140,9 kilo meter (km) dan diperkirakan biayanya mencapai Rp 16,8 triliun.

"Tol Bakauheni sampai Terbanggi Besar saya rasa sudah di tikungan dan sedikit lagi nanti akan bisa kita lihat dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sumatra utamanya masyarakat Lampung," ucap Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jajal Pakai Truk Pengangkut Pasir

Seusai meresmikan, Jokowi menjajal jalan tol ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Segmen Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun Bakauheni dengan menggunakan truk pengangkut pasir.

Tampak mendampingi Jokowi dalam kesempatan itu antara lain Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, dan Gubernur Lampung Ridho Ficardo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.