Sukses

Harapan Besar Karya Anak Bangsa di Balik Motor Chopper Jokowi

Chopper presiden merupakan karya anak bangsa. Menurut presiden kreatifitas buatan tangan seperti inilah kekuatan Indonesia di mata dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar Presiden Jokowi membeli motor yang sempat viral di media sosial ini terbukti kebenarannya. Motor Chopper pesanan Jokowi tiba di Istana Bogor, Sabtu kemarin. Setelah dipesan dua bulan lalu, motor berwarna emas buatan Elders Garage salah satu perakit motor dalam negeri ini akhirnya tiba di Istana Kepresidenan Bogor.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Minggu (21/1/2018), Motor Chopper dengan mesin 350 cc ini sebenarnya adalah produk perdana Elders Garage dan tidak dijual. Namun karena presiden sendiri yang jatuh hati dan berniat memiliknya. Pendiri Elders Garage pun rela melepasnya seharga Rp 140 juta.

Presiden memutuskan membeli usai mengundang para pelaku industri kreatif pada peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017 lalu. Bukan sekedar beli motor, Jokowi punya agenda khusus untuk memajukan industri lokal.

Chopper presiden merupakan karya anak bangsa. Menurut presiden kreatifitas buatan tangan seperti inilah kekuatan Indonesia di mata dunia.

"Indonesia ini suka lupa sama DNA sendiri. DNA kita sebenarnya crafting contohnya aja leluhur kita bangun keris, bangun candi itu kan handmade, itu kan crafting dan untuk bersaing di Pasar Internasional, handmade akan jadi kekuatan Bangsa Indonesia, " Kata Pemilik Elders Garage, Heret Frasthio.

Hanya saja ada beberapa kendala bagi industri kecil yang dirasa oleh Herets misalnya bagaimana proses SNI nya. Bagaimana memulai produksi massal dan apakah ada asosiasi yang bisa menaungi dan membantu penjualan.