Sukses

JK Senang Jatah Golkar di Kabinet Kerja Bertambah

Idrus Marham menyusul Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang terlebih dahulu merangkap jabatan sebagai Ketua Umum Golkar.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menyambut baik langkah Presiden Jokowi yang menunjuk Sekretaris Jenderal (Sekjen) Golkar Idrus Marham sebagai Menteri Sosial menggantikan Khofifah Indar Parawansa. Dia senang jatah kursi Partai Golkar di kabinet kerja bertambah satu.

"Kan bagus kan untuk Golkar," kata JK di Istana Negara Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Idrus kini menyusul Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang terlebih dahulu merangkap jabatan sebagai Ketua Umum Golkar. Namun, JK menyebut bahwa posisi Idrus sebagai Sekjen sulit untuk merangkap jabatan.

"Sekjen saya kira sulit untuk merangkap, kalau Sekjen itu saya kira kebijakan Golkar nanti untuk soal Sekjen. Kalau Sekjen berbeda dengan Ketua. Kalau Sekjen harus berada di kantor, tak mungkin dia rangkap," jelasnya.

Terkait menghadapi serangan lawan politik soal isu rangkap jabatan, JK menegaskan bahwa hal tersebut merupakan suatu kebijakan. Dalam berpolitik terkadang membutuhkan suatu penilaian khusus.

"Politik itu kan kadang kadang butuh ada suatu penilaian khusus. Namun demikian di samping itu sebagai Sekjen Idrus berpengalaman di lapangan," tutur JK.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelantikan Idrus Marham

Selain melantik Idrus Marham sebagai Mensos, Jokowi juga melantik Jenderal Purnawirawan Moeldoko sebagai Kepala Staf Presiden menggantikan Teten Masduki.

Presiden Jokowi juga melantik anggota Dewan Pertimbangan Presiden yang baru yakni Agum Gumelar.

Selain itu, Presiden juga melantik Marsekal Madya (Marsdya) Yuyu Sutisna sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU).

Idrus Marham merupakan politikus Partai Golkar. Jabatan terakhirnya di partai berlambang pohon beringin itu yakni Sekretaris Jenderal. 

Sementara Moeldoko sudah malang melintang di TNI. Dia bahkan telah memegang pucuk pimpinan tertinggi sebagai Panglima TNI.

Sinyal Moeldoko akan masuk ke Kabinet Kerja sebelumnya sudah terlihat saat pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, pertengahan November 2017. Dia saat itu ditunjuk sebagai perwakilan keluarga Jokowi untuk memberi sambutan kepada para tamu.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Partai Golongan Karya adalah sebuah partai politik yang ada di Indonesia
    Partai Golongan Karya adalah sebuah partai politik yang ada di Indonesia

    Partai Golkar