Sukses

Kobaran Api di Museum Bahari Sudah Padam

Pendinginan akan dilakukan dalam rentan waktu dua sampai tiga jam ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Kobaran api di Museum Bahari, Jakarta Utara, akhirnya berhasil dijinakkan sekitar pukul 12.30 WIB. Saat ini satuan dinas pemadam kebakaran dibantu aparat terkait tengah melakukan upaya pendinginan di lokasi.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (16/1/2018) siang, puluhan petugas gabungan masih berjibaku mendinginkan titik-titik api yang ada di lokasi. Belasan kendaraan pemadam masih terparkir di depan museum.

Kepulan asap dan debu sisa kebakaran masih tampak dan berterbangan di sekitar kawasan Museum Bahari.

"Nggak bisa masuk dulu mas. Ini masih proses pendinginan belum aman. Kita hanya jalankan perintah," ujar petugas jaga di depan Museum Bahari.

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Subejo mengatakan, pendinginan akan dilakukan dalam rentan waktu dua sampai tiga jam kedepan.

"Situasi saat ini sudah stabil. Kita tuntaskan hingga tak ada lagi bara api yang dapat memicu kebakaran lagi," kata Subejo, saat ditemui di lokasi.

Dia menerangkan, adapun kondisi terparah terletak pada gedung C lantai dua. Pemadam sempat mengalami hambatan saat menjinakkan api, sebab di tiap genting dilapisi alumunium foil. Dan itu, kata Subejo, memperlambat semprotan air menuju titik api.

"Jadi di tiap genting ada lapisan alumunium foil. Itu menyulitkan memadamkan menuju titik api," jelasnya.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.