Sukses

Flyover Pancoran Resmi Dibuka Tanpa Uji Beban

Flyover Pancoran sudah mulai dibuka pagi ini. Tetapi, flyover tersebut belum melakukan uji beban dan mendapatkan sertifikasi laik jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Flyover Pancoran sudah mulai dibuka pagi ini. Tetapi, flyover tersebut belum melakukan uji beban dan mendapatkan sertifikasi laik jalan.

Meski begitu, flyover ini tetap dibuka untuk para pengendara yang akan menuju kawasan Kuningan-Semanggi. Menurut Kepala Seksi Simpang Tak Sebidang Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hananto Krisna, pihaknya sudah melakukan koordinasi-koordinasi dengan pihak terkait.

"Jadi kita sudah berkoordinasi dengan Komisi Keselamatan Jalan dan Terowongan bahwa kita sudah sampaikan ke mereka bahwa akan dibuka dahulu nanti berikutnya akan dilakukan uji beban oleh komisi," ujar Hananto di flyover Pancoran, Senin (15/1/2018).

Dia mengatakan, proses uji beban dan sertifikasi tersebut hanya memakan waktu satu jam saja.

"Itu mungkin itu nanti dilakukan malam hari sekitar jam 00.00 WIB, karena itu juga sepi, nah pada saat itu kita akan uji beban dengan komisi. Kita sudah koordinasi dengan mereka," ucapnya.

Hananto menyebut, standar bebannya mengikuti sesuai yang berlaku di Kementerian. Karena menurutnya, jalanan tidak tidak bisa menunggu dan itu juga sesuai dengan apa yang dibilang oleh Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta, Andri Yansyah.

"Seperti disampaikan Pak Kadishub bahwa kita terkait dengan traffic yang padat, jadi kita supaya mencegah kemacetan lebih banyak, ya kita buka lebih dahulu, sambil kita lakukan proses untuk uji beban di komisi," terang dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Langgar Aturan

Hananto menegaskan, yang dilakukan ini tidak menabrak atau melanggar aturan yang sudah ada. "Kita sudah koordinasi ke mereka, sudah kirim surat ke komisi dan kita sampaikan ke mereka, mereka cukup mengerti," tegas Hananto.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta, Andri Yansyah sudah bicara terkait dengan belum keluarnya sertifikasi flyover Pancoran ini. Andri menegaskan kalau hal tersebut dilakukan sambil berjalan saja. Karena, kata dia, transportasi ini tidak bisa menunggu.

"Kita juga sangat yakin, kualifikasi yang memang dari pihak penyelenggara, dalam hal ini pihak pelaksana, oleh karena itu sambil berjalan. Terkait masalah SLF, tetapi kalau masalahnya ditunda-tunda hampir 60 persen perjalanannya itu stuck," jelas Andri.

Flyover atau jalan layang Pancoran, Jakarta Selatan sudah resmi dibuka sejak pukul 06.17 WIB tadi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.